Ingin Pemain Timnas U-19 Membumi, Ini Terobosan Indra Sjafri

Jumat, 6 Oktober 2017 20:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Galih Prasetyo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri.

Pesepakbola profesional dewasa ini tidak hanya dituntut untuk selalu tampil apik dilapangan, namun juga bisa membawa diri atau merepresentasikan klub ataupun negara di khalayak. Hal itu pula yang disadari pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Pelatih 54 tahun itu menjelaskan ia dan tim pelatih berencana mendatangkan sejumlah pihak yang kompeten untuk membantu para pemain Timnas U-19. Nantinya, Egy Maulana Cs akan diajarkan berbagai hal termasuk bagaimana cara berbicara di depan umum atau pada media.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Indra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTIndra Sjafri dan Timnas U-19 saat melakoni latihan.

"Kita akan datangkan expert (ahli dalam bidang tertentu) untuk memberikan pengalaman untuk hal yang mendukung para pemain. Saya ingin mereka (pemain) tidak hanya sekedar pesepakbola tetapi pesepakbola profesional. Nanti akan banyak hal yang diajarkan seperti soal bicara dengan media dan lainnya," tutur Indra Sjafri.

Keinginan Indra Sjafri tersebut memang hal penting yang dibutuhkan oleh pemain muda. Mereka adalah bintang masa depan yang akan menjadi panutan atau role model bagi pemain muda lainnya. Jadi sepatutnya pemain Timnas memberikan contoh yang baik.
 
Saat ini Timnas U-19 tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi satu laga uji coba melawan Thailand U-19 pada Minggu (08/10/17) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Setelahnya akan ada persiapan intens yang dilakukan skuat Garuda Nusantara lantaran akan mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 akhir bulan ini di Korea Selatan.

Terkait hal itu, pelatih Indra Sjafri mengingatkan anak asuhnya agar tidak menganggap remeh setiap laga uji coba. Meski tensi uji coba berbeda dengan turnamen, setiap pemain tetap wajib untuk mengeluarkan potensi terbaik.

"Saya sudah sering bilang, jangan anggap laga uji coba itu tidak penting, meski dalam tahap persiapan hal itu sah saja. Kita harus tahu dan belajar dari setiap pertandingan," tutup mantan pelatih Bali United itu.

386