Dikritik Elie Aiboy Soal Tak Ada Pemain Papua, Begini Reaksi Indra Sjafri

Minggu, 8 Oktober 2017 12:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Legenda hidup Timnas Indonesia, Elie Aiboy, baru- baru ini menyayangkan tidak adanya pemain dari Papua di skuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri.

Padahal menurut mantan pemain Selangor FA itu, Papua merupakan salah satu daerah yang banyak menghasilkan banyak pemain-pemain sepakbola top bagi Timnas Indonesia.

"Kita lihat tak ada satu pun pemain Papua di skuat Timnas U-19, hal ini tak bisa terjadi. Indonesia adalah dari Sabang sampai Merauke, sehingga harus ada pemain Papua di dalamnya," kata Elie.

Menanggapi kegundahan Elie Aiboy tersebut, pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri pun memberikan keterangannya.

Indra menjelaskan ia memang ingin membangun Skuat Garuda Nusantara dengan nuansa yang meng-Indonesia. Sebelumnya memang sudah ada nama pemain Papua, Jefri Bisai, namun ia masih kalah saing dengan rekannya yang lainnya.

"Yang dirasakan Elie itu sama seperti yang pernah saya sampaikan, kalau bisa Timnas U-19 itu menunjukan ke-Indonesiaanya. Harus ada Aceh sampai Merauke, tetapi saya juga tidak harus terkunci di situ.”

© Alchetron
Legenda Timnas Indonesia, Elie Aiboy. Copyright: AlchetronLegenda Timnas Indonesia, Elie Aiboy.

“Karena yang diperlukan adalah kualitas dan itu bermacam-macam. Sebenarnya sudah ada dari Papua, namanya Jefri Bisai tetapi dibanding pemain lain, dia masih di bawah kualitasnya," jelas Indra Sjafri.

Akan tetapi, Indra Sjafri tetap membuka peluang untuk mencari talenta dari tanah Papua. Mantan pelatih Bali United itu mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari para pelatih klub U-19 termasuk dari Persipura Jayapura U-19.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Timnas U-19 usai gol kedua yang dicetak Egy Maulan Vikri. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi para pemain Timnas U-19.

Jika memungkinkan Indra Sjafri akan terjun langsung ke bumi Cendrawasih usai mengikuti kualifikasi Piala Asia U-19 akhir Oktober ini.

"Makanya kemarin saya sudah dihubungi beberapa teman di Jayapura termasuk pelatih U-19 Persipura dan kalau perlu saya memang harus turun langsung ke sana. Mungkin setelah pulang dari Korea Selatan (kualifikasi Piala Asia U-19) dan saya akan berusaha untuk cari pemain dari Jayapura," tutup Indra Sjafri.

2.5K