Liga 1

Kisah di Balik 'Prosesi' Lelang Jersey untuk Mendiang Choirul Huda

Kamis, 26 Oktober 2017 13:18 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Solidaritas untuk keluarga yang ditinggalkan mendiang Choirul Huda terus berdatangan. Setelah sebelumnya seluruh peserta Gojek Traveloka Liga 1 memakai kaus kuning bertuliskan Huda dan melakukan one minute silence, kali ini pelelangan jersey jadi aksi mulia selanjutnya.

Sebanyak 38 penjaga gawang melakukan bentuk solidaritas untuk mantan kipper Persela Lamongan tersebut. Mereka akan melelang jerseynya masing-masing. Dana yang terkumpul nantinya bakal disumbangkan kepada keluarga mendiang Huda.

Aksi solidaritas ini diinisiasi oleh kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa. Sejumlah penjaga gawang top lainnya seperti Yoo Jae-hoon (Persipura Jayapura) dan Muhammad Ridho Dzajulie (Borneo FC) juga ikut berpartisipasi.

Adapun, Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) bertugas sebagai koordinator dan fasilitator aksi solidaritas ini. Sebagai Presiden APPI, Ponaryo Astaman turut angkat suara terkait pelelangan ini.

© INTERNET
Choirul Huda Tampak Belakang Copyright: INTERNETChoirul Huda Tampak Belakang

“Ini inisiasi dari andritany, APPI disini sebagai fasilitator aja. Teknisnya adalah kemarin mereka komuniskasi lewat grup dan akhirya terjadi lah gerakan ini. Hasil langsung kami berikan ke keluarga Alm. Huda. Tapi nanti untuk lenih mudah kami akan memgumpulkan dan ditotal berapa hasil dari gerakan ini,” ujar Ponaryo ketika dihubungi wartawan.

“APPI juga merancang strategi. Strategi itu adalah membentuk timelinenya seperti apa, lalu mulai dari postingannya kapan. Hal ini dilakukan untuk hasilnya lebih maksimal lagi. Karena yang kami tahu, kiper-kiper ini lokasinya kan berjauhan,” katanya menambahkan.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden APPI, Ponaryo Astaman. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPresiden APPI, Ponaryo Astaman.

Pelelangan ini akan dimulai pada hari Jumat tanggal 27 Oktober 2017. Para peminat bisa langsung menawar melalui akun instagram masing-masing penjaga gawang atau dapat dilihat di akun APPI.

“Ini juga wujud nyata kepedulian kami terhadap keluarga Almarhum Huda. Hal ini merupakan tindak lanjut kami dari APPI setelah berkunjung ke rumah duka dan saat ini APPI sedang berkoordinasi dengan pihak Persela dan juga PT. LIB dan PSSI untuk menggelar charity match untuk mendiang Choirul Huda,” pungkas gelandang Borneo FC tersebut.