4 'Dosa' Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia

Senin, 6 November 2017 14:46 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pemain timnas Indonesia U-19 sangat terpukul setelah kalah dari Malaysia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Pemain timnas Indonesia U-19 sangat terpukul setelah kalah dari Malaysia.

Berakhir sudah petualangan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 di Grup F Kualfikasi Piala Asia 2018 Korea Selatan. Di laga terakhir skuat asuhan Indra Sjafri secara mengejutkan dikalahkan Malaysia dengan skor telak 1-4 di Paju Stadium, Senin (06/11/17) pagi WIB.

Sebelumnya, Timnas U-19 juga dikalahkan Korea Selatan 0-4 di tempat yang sama pada Sabtu (04/11/17). Praktis dari empat pertandingan di Grup F Kualifikasi Piala Asia, Garuda Nusantara hanya menang dua kali melawan Brunei (5-0) dan Timor Leste (5-0).

Peringkat Timnas Indonesia U-19 di Grup F pun turun ke posisi tiga di bawah Malaysia dan Korea Selatan. Tentu, penampilan Timnas U-19 di Kualifikasi Piala Asia jauh dari ekspetasi mengingat Timnas U-19 sebelumnya digadang-gadang bisa merepotkan tuan rumah Korea Selatan di ajang ini.

Kekalahan telak atas Korea Selatan dan Malaysia memunculkan kekhawatiran. Pasalnya, saat putaran final Piala Asia di Indonesia Oktober 2018 nanti pastinya akan ada banyak tim-tim kuat Asia yang dihadapi.

Tentu, dua kekalahan tersebut patut menjadi perhatian pelatih kepala Indra Sjafri jelang tampil di ajang sesungguhnya. Apalagi publik Tanah Air sudah menggantungkan harapan tinggi ke skuat Timnas U-19 agar lebih berbicara banyak di level Asia.

Masih banyak waktu untuk memperbaiki unforced error Timnas U-19 jelang Piala Asia. Setidaknya terdapat 4 'dosa' di Kualifikasi Piala Asia yang perlu diperbaiki skuat Garuda Nusantara. Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk pembaca setia.