Liga 1

3 Hal yang Bisa Buat Persib Selamat dari Degradasi

Selasa, 7 November 2017 05:37 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung saat melakukan selebrasi. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Para pemain Persib Bandung saat melakukan selebrasi.

Publik pencinta sepakbola Tanah Air diramaikan dengan polemik yang muncul terkait pertandingan antara Persija Jakarta vs Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo pada Jumat (03/11/17) lalu. 

Di pertandingan tersebut, para pemain Persib meninggalkan lapangan pada menit ke-83 dan tidak meneruskan pertandingan, setelah tertinggal 0-1 dari Persija. Pemicunya adalah ketika Vladimir Vujovic diganjar kartu kuning kedua setelah protes berlebih kepada wasit pasca aksi pelanggarannya kepada Bruno Lopes.

Namun, aksi mogok bermain tersebut disinyalir bukan semata karena kartu merah Vujovic tetapi juga karena 2 kejadian yang sebelumnya terjadi, yaitu ketika wasit Shaun Robert Evans menganulir gol Ezechiel N’Douassel di menit ke-28 dan juga ketika Persija dihadiahi tendangan penalti, yang dianggap kubu Persib tidak perlu.

N

Sebenarnya, tanda-tanda Persib enggan melanjutkan pertandingan sudah terlihat ketika selesai turun minum. Wasit Shaun Evans yang berlisensi FIFA tersebut beberapa kali menghampiri ruang ganti Persib karena Atep dkk tak kunjung keluar ke lapangan.

Dengan kondisi ini, maka Persib sedang dalam ancaman cukup serius yaitu terdegradasi dari Liga 1. Mengapa?

Jika merujuk pada regulasi Gojek Traveloka Liga 1, Persib bisa dikategorikan memenuhi persyaratan di dalam regulasi yang bisa membuat klub tersebut didepak dari Liga 1. Dua poin peraturan tersebut ada pada Pasal 13 Ayat 1 Poin C dan Pasal 13 Ayat 2 Poin A

Disebutkan pada Pasal 13 Ayat 1 Poin C klub dapat dianggap dan dinyatakan mengundurkan diri dari Liga 1 apabila meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya pertandingan dijalankan. Situasi itu yang kini dialami oleh Persib.

© PT LIB
Persib terancam degradasi dari Liga 1 Copyright: PT LIBPersib terancam degradasi dari Liga 1

Kemudian, jika merujuk pada Pasal 13 Ayat 2 Poin A, bagi klub yang mengundurkan diri setelah dimulainya Liga 1, seluruh pertandingan yang telah dijalankan akan dibatalkan dan dinyatakan tidak sah. Seluruh nilai dan gol yang terjadi dalam pertandingan tersebut tidak akan dihitung dalam hal menentukan klasemen akhir dan dihilangkan dari klasemen. 

Namun, sejatinya peluang Persib untuk tetap berada di kasta atas alias "lolos" dari degradasi masih terbuka lebar asalkan mengaca pada 3 hal penting berikut: 

1.2K