Gagal ke Piala Dunia 2018 Jadi Lubang Hitam bagi 'Duplikat' Totti

Kamis, 9 November 2017 16:27 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© Twitter@ASroma
Francesco Totti. Copyright: © Twitter@ASroma
Francesco Totti.

Tim Nasional (Timnas) Italia belum mampu mengamankan satu tiket untuk berlaga di Piala Dunia 2018 usai mengakhiri babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa Grup G di posisi runner up. Gli Azzurri hanya mampu mengumpulkan 23 poin, tertinggal lima poin dari Timnas Spanyol.

Oleh karena itu, Timnas Italia pun harus kembali unjuk gigi di babak play-off guna memastikan satu tempat di Rusia pada tahun depan. Mereka pun akan bersua dengan Timnas Swedia, yang mana leg pertama pada 11 November 2017 mendatang akan dilaksanakan di markas lawannya itu.

© INDOSPORT
Timnas Italia. Copyright: INDOSPORTTimnas Italia.

Jelang laga tersebut, gelandang Timnas Italia, Daniele De Rossi mengumbar bahwa dirinya akan memberikan 110 persen untuk memastikan tim negaranya tampil di kompetisi akbar dunia itu.

Apalagi, sejak 1962 silam, Timnas Italia selalu mampu unjuk gigi di Piala Dunia. Oleh karena itu, seandainya mereka tidak bisa tampil pada tahun 2018 nanti, De Rossi menilai bahwa kegagalan itu akan menjadi lubang hitam dalam kariernya.

© asroma.com
Daniele De Rossi resmi diperpanjang AS Roma hingga 2019. Copyright: asroma.comDaniele De Rossi resmi diperpanjang AS Roma hingga 2019.

"Ada dua pertandingan yang mana kami tidak bisa membuat kesalahan. Taruhannya sangat tinggi, sementara sangat baik untuk berbicara mengenai darah ataupun nyali dan memberikan segalanya hingga akhir, kami juga membutuhkan kejernihan, pengorganisasian, teknik, dan juga kecepatan berlari," jelasnya, sebagaimana diberitakan Reuters (09/11/17).

"Jika itu hanya tentang memperlakukan pertandingan seperti pertarungan, semua orang bisa bermain di Serie A Italia dan Timnas. Kami perlu memainkan permainan yang cerdas dan menambahkan konsentrasi dan juga pengalaman."

© Claudio Villa/ Getty Images
Daniele De Rossi melakukan selebrasi usai membobol gawang Timnas Albania. Copyright: Claudio Villa/ Getty ImagesDaniele De Rossi melakukan selebrasi usai membobol gawang Timnas Albania.

Lebih lanjut, pria berusia 34 tahun itu juga menilai bahwa meminta dukungan dari fans saat ini bisa dikatakan bukan sebagai hal tepat. Pasalnya, kepastian mereka berlaga di Piala Dunia semuanya bergantung pada performa pemain.

Ada pun dirinya tidak ingin memikirkan kemungkinan terburuk terkait gagalnya mereka untuk lolos ke Piala Dunia. Menurutnya, pikiran tersebut hanya akan menjadi noda dalam karier persepakbolaan dirinya.

"Secara pribadi, akan sangat menyenangkan untuk sampai ke Piala Dunia keempat saya, meskipun saya tidak tahu apakah saya akan memainkan peran besar. Piala Dunia adalah sesuatu yang tak seorang pun ingin ketinggalan," tutup pemain AS Roma itu.

© Getty Image
Daniele De Rossi beberapa kali gagal menuntaskan peluang. Copyright: Getty ImageDaniele De Rossi.