Dirumorkan ke Persib, Firman Utina Gagal Merapat karena Hal ini

Sabtu, 25 November 2017 14:09 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Banyak yang menilai bahwa Persib Bandung membutuhkan sosok pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kualitas yang dimiliki oleh Firman Utina. Salah satunya adalah Dirigen Viking, Yana Umar.

Sebelumnya, Yana mengatakan bahwa dirinya menginginkan Firman Utina untuk bergabung ke Maung Bandung di musim depan. Pasalnya sosok mantan pemain Persita Tangerang itu sangat dibutuhkan oleh Maung Bandung untuk mengarungi kompetisi di musim depan.

"Kalau menurut Mamang mah masih layak. Jangan melihat usianya (35 tahun), tapi lihatlah segudang pengalamannya. Firman Utina adalah pemaiin yang disegani oleh semua pemain Indonesia. Karakter yang tegas bisa mengayomi pemain muda Persib," kata Yana dikutip dari VikingPersib.

"Setiap berhadapan dengan Firman Utina, musuh pun segan. Mungkin kalian (Bobotoh) pernah lihat reaksi Firman di saat pemain Persib beradu argumen dengan pemain lain," tambahnya.

Namun kini, hal tersebut tampaknya batal terlaksana. Bukan karena sang pemain tengah merapat ke klub lain, melainkan karena Firman Utina memutuskan untuk gantung sepatu dari olahraga sepakbola.

Dilansir dari Kompas.com, hal tersebut disampaikannya secara langsung saat membuka turnamen sepakbola usia muda bertajuk Firman Utina Cup di Lapangan Sepakbola Lapas Pemuda, Kota Tangerang, Sabtu (25/11/17).

"Insya Allah saya akan pensiun untuk musim depan. Saya lebih fokus di usia ini. Bagi saya cukup karena sudah memberikan kesempatan saya sebagai pemain," ucapnya.

© Ian Setiawan/Indosport
Caption Copyright: Ian Setiawan/IndosportFirman Utina (kiri) saat memperkuat Bhayangkara FC.

"Saya juga berterima kasih semua klub rata-rata sudah pernah bermain di sana, termasuk klub-klub besar. Saya juga berterima kasih dari merekalah, dari tim nasional, saya bisa seperti ini sebagai pesepak bola," tambahnya.

Selama berkarier sebagai seorang pesepakbola, sebanyak delapan klub telah dibela oleh pemain yang identik dengan nomor punggung 15 itu. Kedelapan klub itu adalah Persma Manado, Persita Tangerang, Arema Malang, Pelita Jaya, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC.

Sementara Persita menjadi klub terlama bagi pemain kelahiran 15 Desember 1981, Firman membela klub tersebut selama lima musim.

Selanjutnya, Firman direncanakan akan mengambil lisensi kepelatihan B AFC dan A AFC. Dirinya mengatakan ingin melatih klub-klub profesional di Indonesia.

"Setelah jadi pemain, saya ingin ambil lisensi pelatih. Setelah ambil lisensi pelatih saya akan mengembangkan sepak bola usia dini," tuturnya menjelaskan.

3