4 Hal yang Perlu Diketahui dari Pengundian Piala Dunia 2018

Jumat, 1 Desember 2017 10:35 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© FIFA
Bola resmi Piala Dunia 2018. Copyright: © FIFA
Bola resmi Piala Dunia 2018.

Penghujung tahun 2017 kian dekat. Bagi para penggemar sepakbola, tentunya hal tersebut merupakan sebuah hiburan tersendiri karena bursa transfer pemain Eropa akan dibuka pada bulan Januari. Belum lagi isu-isu transfer pemain yang kian merebak di bulan Desember maupun November seakan menjadi bumbu penyedap.

Begitu pula dengan para pencinta sepakbola Tanah Air. Hingga penghujung tahun 2017 dan jelang dimulainya kompetisi Liga 1 2018, para penggemar klub-klub Liga Indonesia dimanjakan dengan berbagai isu atau rumor transfer pemain ke klub-klub kesayangan mereka.

Belum lagi tersajinya laga Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018 dan Piala Asia U-19, yang akan menjadi daya tarik tersendiri untuk para masyarakat Indonesia. Dan tentunya, hal yang tak akan terlewatkan adalah ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.

Pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut akan dimulai pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Acara empat tahunan tersebut akan diisi oleh 32 negara dari berbagai belahan dunia, dengan Peru sebagai negara yang mengisi slot terakhir peserta Piala Dunia 2018.

© FIFA
Suporter Peru menyambut kemenangan timnya di laga kontra Selandia Baru. Copyright: FIFASuporter Peru menyambut kemenangan timnya di laga kontra Selandia Baru.

Dalam perjalanannya, banyak kejutan-kejutan yang terjadi. Tentunya kita ingat dua negara adidaya dalam ranah sepakbola di benua Amerika, Chile dan Amerika Serikat, yang tersingkir dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2018.

Terakhir adalah dua negara Eropa yang sering menjadi langganan Piala Dunia, Belanda dan Italia, yang secara tragis harus absen untuk menampilkan permainan khas mereka di atas lapangan Rusia, 2018 mendatang.

© -
Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia. Copyright: -Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia.

Teraktual, ada nama Peru dan Australia yang mengemuka di berbagai media menjelang pengundian Piala Dunia 2018. Kedua nama tersebut masuk dalam pemberitaan lantaran terancam gagal tampil di Rusia karena berbagai masalah yang menerpa di tubuh internal asosiasi sepakbola mereka.

Terlepas dari hal tersebut, pengundian babak grup Piala Dunai 2018 akan tetap dilaksanakan pada hari Jumat (01/12/17) pukul 22.00 WIB nanti. Kali ini, INDOSPORT ingin membagikan beberapa hal yang perlu pembaca ketahui mengenai pengundian Piala Dunia yang ke-21 dalam sejarah tersebut.

4