2 Negara Asia Barat Batal Ikut Test Event, PSSI Incar Iran dan Yordania

Minggu, 3 Desember 2017 12:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Sekjen PSSI, Ratu Tisha. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

PSSI terus berusaha mencari lawan yang sepadan untuk gelaran test event Asian Games Februari tahun depan. Setelah sebelumnya ada tujuh negara yang masuk kandidat, kini induk sepakbola Indonesia itu berencana mengganti beberapa negara yang menjadi lawan tanding.

Tujuh negara yang sempat diincar untuk menjadi lawan bagi Timnas Indonesia U-23 itu adalah Arab Saudi, Qatar, Singapura, Malaysia, Vietnam, China, dan Korea Selatan. Namun, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menjelaskan akan ada perubahan dimana tiga negara kemungkinan besar batal ikut ajang test event tersebut.

Kepastian itu diketahui setelah PSSI melakukan pembicaraan dengan beberapa negara dalam acara AFC awards di Bangkok.

"Ada beberapa yang mungkin tak tak bisa ikut seperti Singapura yang akan diganti menjadi Myanmar, atau Iran dan Yordania muncul (sebagai kandidat) karena kami mau test level yang lebih tinggi karena kami tahu Arab Saudi dan Qatar yang disarankan tengah ada masalah diplomatik dan tidak baik untuk hubungan negara, jadi ada beberapa yang akan kami ganti," ujar Ratu Tisha.

© Wildan Hamdani/INDOSPORT
Ratu Tisha dalam preskon pengumuman pencopotan dari pelatih Timnas U-19. Copyright: Wildan Hamdani/INDOSPORTRatu Tisha.

"Sekarang sudah banyak yang respons tapi kami masih menunggu formalnya melalui dokumen dari mereka. Kami berharap pekan ketiga akhir tahun kami sudah tahu fix tujuh negara siapa saja," sambungnya.

Sebagai informasi, untuk cabang sepakbola Asian Games 2018 akan ada lima stadion yang dipakai yakni Stadion Pakansari (Cibinong), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Akan tetapi, untuk khusus test event Februari nanti hanya ada tiga stadion yang dipakai yakni Pakansari, Patriot dan Wibawa Mukti. Dua stadion lainnya di Bandung tidak masuk list lantaran akan direnovasi terlebih dahulu.

818