Liga Indonesia

Rumor Transfer Liga 1: Bhayangkara Incar Eks Juventus, Persib Pulangkan Sang Legenda?

Rabu, 13 Desember 2017 16:55 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi transfer pemain. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi transfer pemain.

Jelang kompetisi Liga 1 musim depan yang santer diberitakan akan berlangsung mulai 24 Februari 2018 mendatang, sejumlah klub peserta mulai bergerak untuk mempersiapkan tim sebaik-baiknya.

Beberapa bahkan ada yang sudah resmi mendatangkan pemain-pemain baru, baik lokal maupun asing. Pemain-pemain itu pun sendiri tidak hanya didatangkan dari klub dalam negeri, tapi sampai klub-klub mancanegara lainya.

Sang juara Liga 1 musim 2017, Bhayangkara FC dalam bursa transfer kali ini harus kehilangan banyak pilar utamanya. Dua bintang utama The Guardian, Evan Dimas dan Ilham Udin baru saja memutuskan hengkang menuju klub asal Malaysia, Selangor FA.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Vendry Mofu, striker Semen Padang. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTBhayangkara FC menyebut sudah mendapatkan jasa Vendry Mofu.

Terbaru, Bhayangkara FC juga harus merelakan mesin pencetak gol andalannya, Ilija Spasojevic yang tidak memperpanjang kontraknya bersama tim asuhan Simon McMenemy.

Meski begitu, Bhayangkara FC langsung bergerak cepat untuk mendatangkan pemain baru. asisten pelatih Bhayangkara, Ibnu Grahan menyatakan bahwa timnya telah mengamankan jasa Vendri Mofu dari Semen Padang.

Selain Vendry, Bhayangkara juga mengincar gelandang asing untuk menggantikan posisi Evan Dimas. Disebut-sebut, calon pengisi tempat Evan itu adalah mantan pemain SC Young Fellows, yakni Zah Rahan.

Selain kegiatan transfer yang dilakukan Bhayangkara FC, ada sejumlah rumor yang tak kalah menghebohkan. Berikut INDOSPORT coba merangkum rumor-rumor transfer sejumlah klub Liga 1 yang bereda hari ini, Rabu (13/12/17).

Persija Jakarta

© Tony Feder/Getty Images
Isaka Cernak mongontrol bola. Copyright: Tony Feder/Getty ImagesIsaka Cernak mongontrol bola.

Klub kebanggan ibu kota, Persija Jakarta akan segera kedatangan pemain asing baru. Dia adalah Isaka Aongor Cernak-Okanya yang berasal dari Australia. Pemain yang menempati posisi gelandang serang tersebut saat ini masih menjalani trial bersama Macan Kemayoran.

Cernak sendiri baru akan memulai latihan bersama pemain Persija lainnya pada Sabtu (16/12/17) mendatang. Bila pelatih Stefano Cugurra Teco, Carnak akan langsung disodori kontrak.

Persib Bandung

© Arif Rahman/INDOSPORT
Eka Ramdani saat akan mengikuti latihan bersama Persib Bandung. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTEka Ramdani saat akan mengikuti latihan bersama Persib Bandung.

Ada yang menarik dalam sesi latihan pemain Persib Bandung di Lapangan Sesko AD, Kota, Bandung pada Rabu (13/12/17). Pasalnya, dalam sesi latihan yang dipimpin pelatih Roberto Carlos Mario Gomez ada sosok pemain Persela Lamongan, yakni Eka Ramdani.

Hingga saat ini tidak diketahui dengan pasti apakah pria yang pernah membela Persib Bandung pada musim 2002-2003 dan 2005-2011 itu menjadi rekrutan terbaru Maung Bandung atau tidak.

Bali United

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Selebrasi Ilija Spasojevic Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimSpasojevic disebut akan bergabung dengan Bali United.

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa pada kompetisi Liga 1 musim 2018 mendatang, Ilija Spasojevic tidak lagi berseragam Bhayangkara FC. Rumor mengatakan bahwa pemain naturalisasi Timnas Indonesia itu akan bergabung dengan Bali United.

Terkait rumor tersebut, Spasojevic tidak menutup-nutupi bahwa memang benar ia mendapatkan tawaran dari Bali United. Hanya saja, ia menyatakan saat ini masih dalam tahap negosiasi.

PSM Makassar

© INDOSPORT/Istimewa
Bruce Djite. Copyright: INDOSPORT/IstimewaBruce Djite.

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts menyatakan bahwa ia masih akan mendatangkan pemain asing baru. Meski tidak ingin menyebut namanya secara langsung, Alberts menyatakan pemain asingnya pernah bermain di klub Australia dan Korea Selatan.

Berdasarkan informasi tersebut, pemain yang sesuai dengan petunjuk Alberts adalah Bruce Djite. Bila Dijte jadi didatangkan, maka PSM tidak perlu khawatir lagi dengan posisi yang ditinggalkan oleh Pavel Purishkin.

Persebaya Surabaya

© Istimewa
Otavio Dutra saat mengenakan jersey Persebaya Surabaya. Copyright: IstimewaOtavio Dutra saat mengenakan jersey Persebaya Surabaya.

Sukses meraih tiket promosi ke Liga 1 dari Liga 2 membuat Persebaya Surabaya menjelma menjadi magnet bagi pemain-pemain yang pernah memperkuat Bajul Ijo untuk kembali. Salah satunya bek asal Brasil milik Bhayangkara FC, Otavio Dutra.

"Soal Persebaya memang saya ingin balik juga. Tapi saya belum bisa bilang, saya masih menghormati kontrak dengan Bhayangkara," ujar Otavio yang pernah memperkuat Persebaya dari kurun 2010 sampai 2012.

35