Liga Spanyol

Tak Ingin Kalah Lagi, Barcelona Rombak Formasi Jelang El Clasico

Selasa, 19 Desember 2017 14:36 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© realmadridvsbarcelona-live
El Clasico. Copyright: © realmadridvsbarcelona-live
El Clasico.

Anak asuh Zinadine Zidane akan menjamu Lionel Messi dkk di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/17) pukul 19.00 WIB nanti. Menyandang status sebagai tuan rumah tentu memberikan keuntungan lebih bagi El Real. Terlebih, pada dua pertandingan terakhir di Piala Super Spanyol yang mempertemukan dua raksasa ini berhasil dimenangkan Sergio Ramos dkk.

Seperti dilansir dari Marca, sejak saat itu, baik Real Madrid dan Barcelona banyak mengalami perubahan termasuk formasi dan taktik bermain. Terkhusus La Blaugrana, dikabarkan akan merombak formasi 3-5-2 yang mereka pakai kala dikalahkan oleh Madrid. Nantinya, Ernesto Valverde diprediksi akan kembali memasang empat bek dan masih mempertimbangkan, apakah memakai tiga atau empat pemain di barisan tengah Blaugrana. 

© GETTY IMAGES
Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid) Copyright: GETTY IMAGESLionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Merujuk data dari Whoscored, tiga pertandingan terakhir Barcelona berhasil disapu rata dengan kemenangan. Sporting CP, Villareal, dan Deportivo La Coruna menjadi saksi keganasan Luis Suarez dkk. Menariknya adalah, dari ketiga laga tersebut, Thomas Vermaelen selalu dijadikan tandem bagi Gerard Pique sejak menit awal. Hasilnya terbukti, Barcelona sama sekali tidak mengalami kebobolan, berbeda ketika Samuel Umtiti berada di posisi tersebut. 

© GettyImages
Caption Copyright: GettyImagesThomas Vermaelen

Misalnya, kala Barca menjamu Celta Vigo, anak asuk Valverde ini terpaksa harus bermain imbang di kandang sendiri karena Ter-Stegen kebobolan dua gol dari tim tamu. Begitu pun ketika Barca bertandang ke Valencia akhir November lalu, Messi dkk dipaksa bermain imbang 1-1.

© INTERNET
kiri-kanan: Gerard Pique, Samuel Umtiti dan Javier Mascherano. Copyright: INTERNETkiri-kanan: Gerard Pique, Samuel Umtiti dan Javier Mascherano.

Laga bertajuk El Clasico ini diperkirakan akan semakin seru, mengingat Los Blancos berambisi memangkas jarak dari sang pemuncak klasemen, Barcelona. Tak hanya itu, pasca Madrid memenangi Piala Dunia Antarklub, aroma gengsi dan persaingan kedua klub ini kembali memanas. Terbukti, dengan komentar Ronaldo yang menyarankan Barca untuk memberikan Guard of Honour atau pemberian penghormatan.

3