Bola Internasional

Indonesia Terjun Bebas, Ini Update Ranking Terbaru FIFA

Kamis, 21 Desember 2017 17:21 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© goal.com
Logo resmi FIFA. Copyright: © goal.com
Logo resmi FIFA.

Seperti setiap bulan biasanya, FIFA secara rutin terus melakukan update mengenai ranking Timnas Sepakbola berskala internasional. Pada kali ini, Timnas Indonesia mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Bila pada bulan November lalu Indonesia berada di posisi 154 dunia, kini Indonesia harus terjun bebas dengan turun delapan peringkat, dengan duduk di posisi 162 dunia dengan mengoleksi 121 poin.

© FIFA
Ranking Indonesia berdasarkan level dunia. Copyright: FIFARanking Indonesia berdasarkan level dunia.

Untuk skala Asia, Indonesia tepat berada di bawah Kepulauan Maladewa dengan duduk di posisi ke-31. Mereka tak lebih baik dari Myanmar, Thailand, Filipina, hingga Vietnam yang saat ini menjadi ‘Big Four’ Asia Tenggara.

Sementara itu, Iran menjadi yang pemimpin di Asia dengan raihan 798. Di bawahnya diikuti oleh Australia yang meraih 747 poin, disusul Jepang dengan 600 poin, dan Republik Korea dengan 570 poin.

© FIFA
Ranking Indonesia berdasarkan level Asia. Copyright: FIFARanking Indonesia berdasarkan level Asia.

Secara keseluruhan, Jerman menjadi yang terdepan. Jawara Piala Dunia 2014 ini berhasil menempati posisi pertama dengan raihan 1602 poin, unggil jauh atas Brasil yang berada di peringkat kedua dengan raihan 1483 poin. Sementara Portugal berada di peringkat ketiga dengan raihan 1358 poin.

198