Liga Indonesia

Tak Sekedar Laga Uji Coba, Pelatih Timnas Islandia Akan Berikan Kursus Kepelatihan

Kamis, 21 Desember 2017 18:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Reuters
Timnas Islandia akan berkunjung ke Indonesia. Copyright: © Reuters
Timnas Islandia akan berkunjung ke Indonesia.

Salah satu peserta Piala Dunia 2018, Timnas Islandia akan mengunjungi Indonesia pada Januari tahun depan dan melakukan dua kali laga uji coba dengan tim Indonesia Selection serta Timnas Indonesia. Laga persahabatan itu akan berlangsung pada 11 dan 14 Januari di Yogyakarta dan Jakarta.

Rupanya kedatangan Islandia tidak sekedar menjalani pertandingan tapi juga akan ada proses berbagi ilmu tentang bagaimana meracik tim, yang akan dipimpin langsung oleh pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson.

© ksi.is
Skuat Timnas Islandia yang dibawa ke Indonesia. Copyright: ksi.isSkuat Timnas Islandia yang dibawa ke Indonesia.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengatakan akan ada semacam workshop untuk para pelatih di Yogyakarta. Hal itu terjadi lantaran Heimir Hallgrimsson merupakan seorang pembicara yang handal dan memang suka berbagi ilmu kepelatihan.

"Jadi tanggal 11-14 itu PSSI punya 4 event. Konpres sebelum pertandingan Indonesia Selection di Yogya, karena event-nya tourism maka akan ada inovasi kedaerahan yang diperkenalkan. Kemudian ada coaching season tanggal 12 khusus pelatih yang di Yogya dengan cocah Islandia (dia pembicara bagus, suka sharing)," ucap Ratu Tisha.

"Selanjutnya tanggal 13 kita kongres PSSI yang juga diiringi dengan referee acessor development," sambungnya.

Ratu Tisha juga menjelaskan kedatangan Timnas Islandia ke Tanah Air menjadi momen bagus bagi Timnas Indonesia U-23 untuk mengukur kekutannya sebelum bermain di Asian Games 2018.

Selain itu, para pencinta sepakbola nasional juga bisa meluapkan keinginan untuk memilih pemain idolanya sehingga masuk dalam tim Indonesia Selection dan bermain melawan Islandia pada 11 Januari 2018 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sekretariat Jenderal PSS, Ratu Tisha. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSekretariat Jenderal PSSI, Ratu Tisha.

"Timnas U-23 butuh persiapan lebih panjang jadi jangan sampai mengulang lawan yang sama. Karenanya lawan Islandia ini akan sangat bagus mengingat levelnya sudah jauh dari lawan sebelumnya dan di atas kita," tutur Ratu Tisha.

"Terus kita ingin ajak fans berpartisipasi di tahun ini karena banyak yang ingin pasang pemain ini dan pasang itu. Jadi kita mau lihat keinginan fans supaya gemuruhnya lebih terasa," tutupnya.

27