Liga Inggris

Didominasi Penyerang, Ini Rapor Skuat Liverpool hingga Paruh Musim Liga Primer 2017/18

Senin, 25 Desember 2017 06:47 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
 Copyright:

Masuk ke zona Liga Champions menjadi target Liverpool musim ini. Karena untuk menyaingi Manchester City dalam perebutan trofi juara Liga Primer sudah pasti jauh lebih berat. Setidaknya, hingga paruh musim atau 19 pekan Liga Primer Inggris musim ini The Reds sudah berada di jalur yang tepat.

Ya, Jordan Henderson dkk mampu bercokol di peringkat ke-4 yang tak lain adalah zona Liga Champions. Meraih 35 poin dari 19 laga bukanlah hasil yang buruk bagi The Reds. Terlebih dengan persaingan di antara tim-tim elite yang semakin ketat.

Sepanjang 19 laga musim ini, ada pemain Liverpool yang patut mendapat perhatian lebih berkat penampilannya yang stabil menunjukkan kualitas mereka. Jika melihat seluruh pertandingan yang dilakoni Liverpool musim ini, tidak mengherankan jika para penyerang yang mendapat rapor terbaik.

© INDOSPORT
Para pemai Liverpool tengah merayakan gol Roberto Firmino. Copyright: INDOSPORTPara pemai Liverpool tengah merayakan gol Roberto Firmino.

Kuartet lini depan menjadi kunci sukses LIverpool meraih peringkat ke-4 di akhir paruh pertama ini. Mohamed Salah, Roberto Firmino, Philippe Coutinho, dan Sadio Mane selalu tampil apik nyaris dalam setiap laga.

Mane yang tampil sangat apik di laga-lawa awal harus sedikit turun performanya setelah sempat diganggu cedera. Kondisi ini membuat Mohamed Salah seperti dimudahkan untuk menjalani musim debut dengan gemilang bersama The Reds.

Di sisi lain, performa barisan pertahanan yang buruk pun berimbas pada total rapor para pemainnya. Permainan Joel Matip cs memang masih jauh dari yang diharapkan. Tak heran jika lini ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi pelatih Jurgen Klopp saat memasuki paruh kedua.

Nilai rapor para pemain Liverpool ini dibuat oleh Liverpool Echo dengan menggunakan metode penilaian khusus bagi setiap pemain yang dipantau di setiap pertandingan. Salah satunya adalah minimal tampil 15 menit dalam satu pertandingan. Kemudian diakumulasi menjadi poin di paruh musim.

Berikut daftar rapor skuat Liverpool hingga paruh musim 2017/18

Mohamed Salah - 7.48

Philippe Coutinho - 7.24

Roberto Firmino - 7.23

Sadio Mane - 7.12

Trent Alexander-Arnold - 6.67

Joe Gomez - 6.61

James Milner - 6.56

Dejan Lovren - 6.55

Alex Oxlade-Chamberlain - 6.54

Jordan Henderson - 6.38

Daniel Sturridge - 6.37

Gini Wijnaldum - 6.24

Emre Can - 6.23

Alberto Moreno - 6.2

Simon Mignolet - 6.1

Ragnar Klavan - 6.0

Joel Matip - 5.74

107