Bola Internasional

Jelang Lawan Islandia, 3 Hal Ini Bisa Jadi Pelajaran untuk Sepakbola Nasional

Selasa, 26 Desember 2017 17:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Galih Prasetyo
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Preskon Indonesia vs Islandia Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Preskon Indonesia vs Islandia

Jelang Asian Games 2018 nanti, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengundang salah satu tim dari benua Eropa yakni Islandia untuk menghadapai Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Laga tersebut nantinya akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 11 dan 14 Januari 2018. Akan tetapi laga uji coba ini tidak masuk ke dalam agenda FIFA.

© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Timnas Indonesia. Copyright: INDOSPORT/Abdurrahman.RTimnas Indonesia.

Terlepas dari hal tersebut, ternyata Islandia merupakan negara dengan luas 102 km2 dan memiliki penduduk 335 ribu jiwa. Catatan itu berdasarkan data populasi yang dirilis oleh Uni Eropa per Januari 2016 lalu.

Selain itu, calon lawan Boaz Solossa dan kolega ini menjadi tim yang mulai diperhitungkan dalam ajang pentas Eropa. Sebab mereka telah mampu menembus ke Piala Dunia 2018 mendatang di Rusia.

Apalagi perjalanan mereka kala berlaga di Piala Eropa pada 2016 lalu membuat para penonton kagum. Perjuangan mereka untuk bisa diakui oleh negara-negara di benua biru maupun dunia ternyata sangat panjang.

© ksi.is
Skuat Timnas Islandia yang dibawa ke Indonesia. Copyright: ksi.isSkuat Timnas Islandia yang dibawa ke Indonesia.

Akan tetapi semua orang di Islandia, yang merupakan keturunan bangsa petualang viking, memiliki tekad yang kuat untuk bisa memajukan sepakbolanya. Mereka bekerja dengan sangat keras demi mempersiapkan sesuatu yang menjanjikan di masa depan.

Bahkan mereka banyak belajar dari beberapa negara tetangga seperti Norwegia. Konsep yang dibawa Norwegia akhirnya dikembangkan lagi oleh orang-orang Federasi Sepakbola Islandia (KSI).

Hal itu tentu saja juga bisa diserap ilmunya oleh Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI). PSSI bisa banyak belajar dari perkembangan yang pesat dari Islandia dan secara perlahan diterapkan di Indonesia.

Berangkat dari hal tersebutlah INDOSPORT coba menjelaskan kepada para pembaca mengenai perkembangan sepakbola Islandia yang bisa begitu maju bahkan modern dan diakui oleh dunia.

74