Liga Spanyol

Penelitian Ini Buktikan Hal Tak Biasa dari Messi di El Clasico

Selasa, 26 Desember 2017 15:37 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
© INDOSPORT
Lionel Messi menunjukan sepatu emasnya sebelum kick off. Copyright: © INDOSPORT
Lionel Messi menunjukan sepatu emasnya sebelum kick off.

Perhitungan statistik bintang Barcelona, Lionel Messi rupanya menunjukkan hal tak biasa. Hasilnya begitu menampilkan sosok yang berbeda dari Singa Barca tersebut, meski efek yang ia berikan dari penampilannya yang berbeda tetap menyumbang kemenangan bagi skuatnya.

Dilansir Marca, Dari hasil hitung statistik yang dilakukan dalam laga El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona kemarin, Messi tercatat menghabiskan 83.1 persen waktu sepanjang laga hanya untuk bermain dengan berjalan kaki ketimbang berlari. 

© Internet
Selebrasi Lionel Messi. Copyright: InternetSelebrasi Lionel Messi.

Dalam laga tersebut, Messi sendiri menghabiskan 10.8 persen dari waktu keseluruhan. Tak banyak tenaga yang nampaknya dikeluarkan oleh Messi saat membantu skuatnya membantai Real Madrid di kandang sendiri, melihat gaya santainya saat jalani laga. 

El Peridico, pihak yang mengeluarkan hasil perhitungan statistik tersebut dan mencoba menganalisa Messi selama 90 menit laga, juga menunjukkan bahwa hanya 4.95 persen dari sepanjang waktu laga yang digunakan oleh bintang Argentina tersebut untuk berlari.

© INDOSPORT
Lionel Messi merayakan selebrasinya pasca mencetak gol ke gawang Real Madrid. Copyright: INDOSPORTLionel Messi merayakan selebrasinya pasca mencetak gol ke gawang Real Madrid.

Hal itu menjadi bukti bahwa Messi memang mencoba menghemat tenaga yang ia keluarkan. Namun nyatanya, dengan hasil perhitungan yang ada sama sekali tak mengubah performa gemilangnya untuk menjebol gawang Keylor Navas lewat tendangan penaltinya. 

Barcelona  sendiri kemarin menang atas Real Madrid dalam laga yang dihelat di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/17), di markas besar Los Blancos dengan skor 0-3. Hal itu tentu saja menampar  wajah sang tuan rumah yang menjamu Lionel Messi dkk.

Suarez, Messi, dan Aleix Vidal berhasil menjadi momok yang menakutkan usai ketiganya menjadi senjata paling vital milik Ernesto Velverde dalam menghadapi laga El Clasico tersebut. Para pemain itu mengoyak penjagaan Keylor Navas hingga jaring gawang Real Madrid pun bergetar. 

281