Bola Internasional

Eks Presiden PSG Nilai George Weah Layak Jadi Pemimpin

Sabtu, 30 Desember 2017 13:44 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Eks pemain AC Milan, George Weah resmi terpilih sebagai Presiden Liberia selama enam tahun kedepan. Weah yang sudah dua kali gagal mencalonkan, kali ini memenangkan banyak suara.

Dengan terpilihnya Weah yang juga sebagai legenda besar sepakbola Afrika ini mendapat apresiasi dari eks presiden Paris Saint Germain, Michel Denisot.

© Europe1
Mantan Presiden PSG, Michel Denisot Copyright: Europe1Mantan Presiden PSG, Michel Denisot

Denisot menilai, Weah merupakan sosok yang pantas dijadikan sebagai kepala negara. Menurutnya, Weah merupakan sosok dengan karakter luar biasa yang punya perhatian sosial di kampung halamannya.

“Dia (Weah) sangat prihatin dengan apa yang terjadi di Liberia. Saya menghabiskan banyak waktu bersamanya membicarakannya. Dia mengajari saya banyak hal. Dia menghormati semua pilihannya,” ungkap Denisot, dilansir Le Figaro.

Ia juga menyebutkan bahwa dirinya sering dimintai tolong untuk beberapa proyek sosial yang dilakukan Weah. “Dia selalu meminta kami untuk membantunya secara materi. Kami lakukan itu dengan sepenuh hati.”

Setelah pensiun dari karier sepakbolanya, mantan pemain Manchester city tahun 2000-an ini diketahui memang aktif di berbagai kegiatan sosial.

“Saya mengetahui bahwa dia melakukan sesuatu untuk orang miskin tanpa mengharap apapun. Dia memiliki latar belakang yang ditakdirkan untuk memiliki tanggung jawab kepada masyarakat,” tambahnya.

Selain bermain di Milan, Weah pernah berseragam Paris Saint-Germain selama tiga musim dari 1992 hingga 1995. Bersama Les Parisien, ia tampil dalam 119 penampilan di seluruh ajang kompetisi dengan menyumbangkan 44 gol serta tiga assist. Bersama klub tersebut, dia juga menyabet trofi Ballon d’Or pada 1995.