Bola Internasional

Sebastian Abreu, 23 Tahun Berkarier 26 Kali Membela Klub yang Berbeda

Selasa, 2 Januari 2018 11:11 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© Getty Images
Sebastian Abreu saat membela Timnas Uruguay. Copyright: © Getty Images
Sebastian Abreu saat membela Timnas Uruguay.

Sebuah rekor anyar ditorehkan pemain asal Uruguay, Sebastian Abreu. Pemain yang berposisi sebagai striker ini seperti dikutip dari The Sun (02/01/18) memecahkan rekor di Guinness World Record sebagai pesepakbola yang paling banyak membela klub sepakbola sepanjang karier profesionalnya. 

Dalam akun media sosial miliknya, Abreu mengatakan bahwa di sisa musim 2018/19, ia akan membela klub asal Chile, Audax Italiano. "Audax Italiano akan menjadi klub saya berikutnya untuk musim ini. Kami akan bermain di Liga Chile, Copa Chile, dan Sudamericana," kicau pemain yang sempat membela Timnas Uruguay di perhelatan Piala Dunia 2002 dan 2010. 

© Getty Images
Sebastian Abreu saat membela Timnas Uruguay. Copyright: Getty ImagesSebastian Abreu saat membela Timnas Uruguay.

Dikontraknya Abreu oleh klub Chile ini menjadikan ia sudah membela 26 klub selama 23 tahun karier profesional dilapangan hijau. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang tercatat atas nama kiper asal Jerman, Lutz Pfannenstiel yang membela 25 klub berbeda sepanjang karier profesionalnya. 

Dikutip dari data transfermarket.com, klub pertama yang dibela Abreu sendiri ialah klub Liga Uruguay, Defensor Sporting pada 1995/96. Pada 1998, ia hijrah ke Spanyol dan membela Deportivo La Coruna hingga 2004. Sayang di Super Depor, penampilan Abreu tidaklah cemerlang. Ia hanya memainkan 15 caps dan mencetak 3 gol saja. Di mulai dari sinilah Abreu jadi 'kutu loncat' di sejumlah klub sepakbola. 

Bahkan dalam rentang waktu 2008/09, Abreu 3 kali ganti klub. Pertama, ia dipinjamkan ke River Plate dari klub sebelumnya Tigres UANL, musim belum berakhir Abreu hijrah ke Israel dan membela Beitar Jerusalem, dan kembali ke River Plate di sisa musim tersebut. 

Pada pertengahan musim 2009, Abreu sempat kembali cicipi La Liga Spanyol dengan bergabung ke Real Sociedad sebagai pemain pinjaman. Di musim keduanya ini torehan gol Abreu sedikit lebih baik, ia mampu mencetak 11 gol dari 18 caps bersama Sociedad. 

Untuk level timnas, Abreu memulai debutnya pada 1996 silam. Hingga memutuskan gantung sepatu untuk Timnas Uruguay pada 2012 silam, Abreu sudah melakoni 70 pertandingan dan mencetak 26 gol. 

363