Liga Inggris

Coutinho Resmi ke Barca, Jurgen Klopp Buka Suara Soal Kekecewaannya

Minggu, 7 Januari 2018 06:26 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Jurgen Klopp acungkan jempol kepada pemainnya di simbolkan bentuk apresiasi. Copyright: © Getty Images
Jurgen Klopp acungkan jempol kepada pemainnya di simbolkan bentuk apresiasi.

Jurgen Klopp menegaskan bahwa Liverpool telah melakukan segala sesuatu untuk menjaga Barcelona terikat dengan Philippe Coutinho. Namun barcelona secara resmi merilis pernyataan bahwa Coutinho akan bergabung dengan Barcelona di musim dingin ini. 

Pemain berusia 25 tahun itu menyetujui kesepakatan lima setengah tahun dan mengajukan biaya sebesar 142 jut pounds dengan klausul pembebasan sebesar 400 juta euro atau sekitar Rp6,4 Triliun lebih. Coutinho memang sudah lama menjadi target raksasa Liga Spanyol itu, namun beberapa kali upayanya juga ditolak The Reds, hingga akhirnya mereka resmi mendapatkannya bulan ini.

"Dengan keengganan kami bahwa kami - sebagai tim dan klub - bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seorang teman baik, orang yang luar biasa dan pemain fantastis Philippe Coutinho," katanya kepada situs resmi Liverpool seperti dilansir Socceraway.

© INDOSPORT
Jurgen Klopp menunjukan wajah cerah menang atas Leicester City dengan skor 2-1. Copyright: INDOSPORTJurgen Klopp menunjukan wajah cerah menang atas Leicester City dengan skor 2-1.

"Bukan rahasia lagi bahwa Philippe menginginkan langkah ini terjadi sejak Juli (lalu) saat Barca membuat pernyataan bahwa mereka tertarik dengannya. Lantas Philippe kemudian bersikeras dengan saya, pemilik klub dan bahkan rekan satu timnya untuk bisa meraih apa yang sangat ingin dia capai itu," demikian kira-kira maksud Klopp.

© INDOSPORT
Jurgen Klopp dan Philippe Coutinho. Copyright: INDOSPORTJurgen Klopp dan Philippe Coutinho.

Kendati demikian, Klopp tidak menyesali keputusan anak buahnya itu. Mengingat ia sendiri sudah berusaha untuk menghalangi kepergiannya ke barcelona. Ia pun menegaskan bahwa Liverpool akan terus menganggap Coutinho sebagai bagian dari tim. Mantan pelatih Dortmund ini juga mengakui jika ia tak ingin menghalangi Coutinho untuk meraih mimpinya.

"Saya dapat memberitahu pendukung Liverpool, bahwa kami sebagai klub telah melakukan segalanya sesuai kemampuan kami untuk meyakinkan Philippe bahwa sisa kontraknya di Liverpool sama menariknya dengan pindah ke Spanyol. Tapi dia 100 persen yakin masa depannya ditambah keputusannya keluarga dan termasuk Barcelonam" ungkapnya.

"Ini adalah mimpinya dan sekarang saya yakin tidak ada yang tersisa untuk mengubah pikirannya." tambahnya.

Sekedar tambahan informasi, Coutinho pindah ke Merseyside pada tahun 2013 silam. Di liga Primer Inggris ia sudah mencetak 41 gol bersama Liverpool. Oleh karena itu, Klopp sangat mengapresiasi kiprah Coutinho selama berseragam The Reds.

"Philippe telah memberikan kontribusi fantastis untuk klub ini selama lima tahun masa jabatannya. Karena itu kami kecewa dan tak ingin memperpanjang kekecewaan itu. Maka hubungan yang kami miliki saat ini untuknya berarti dengan hati yang berat.  Kami berharap dia baik," jelasnya.

75