Liga Inggris

Liverpool Dapat Keuntungan Fantastis Menjual Tiga Bintang Ini

Minggu, 7 Januari 2018 16:09 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Liverpool kembali melepas pemain bintangnya dengan harga yang cukup fantastis. Kini, giliran Philippe Coutinho yang menjadi keuntungan bagi tim berjuluk The Reds tersebut. Pasalnya, Liverpool mendapatkan keuntungan berlipat-lipat ganda saat melepas Coutinho.

Terhitung, The Reds memperoleh keuntungan kurang lebih sekitar 134 juta pound atau setara dengan Rp2,4 triliun. Liverpool hanya mengeluarkan dana sebesar 8,5 juta pound atau senilai Rp1,5 miliar untuk memboyong sang pemain dari Inter Milan. Sedangkan The Reds menjualnya dengan harga 145 juta pound.

Ini pun menjadi sebuah keuntungan yang sangat baik bagi finansial klub, meskipun sulit untuk mendapatkan pengganti sosok Coutinho yang sepadan. Bahkan, mantan kapten Liverpool, Phil Thompson menyebutkan bahwa harga tersebut sangat fantastis.

“Tapi (transfer) itu fantastis Jika harganya adalah 145 juta poundsterling, itu cukup mengejutkan, itu akan lebih dari sekedar uang selamat datang,” ujarnya.

Keuntungan besar ini pun bukan kali pertama bagi Liverpool. Jika menelisik beberapa musim sebelumnya, Liverpool kerap kali melepas pemain bintang dengan harga yang lebih dari dua kali lipat.

Hal itu mereka rasakan saat tak mampu membendung keinginan Raheem Sterling untuk bergabung bersama klub kaya raya asal Manchester. Pemain Timnas Inggris tersebut ditebus dengan mahar sebesar 44 juta pound (Rp799 miliar).

© dailymail.co.uk
Raheem Sterling, Philippe Coutinho dan Joe Allen Copyright: dailymail.co.ukRaheem Sterling, Philippe Coutinho dan Joe Allen

Padahal, The Reds hanya mengeluarkan dana sebesar 600 ribu pound atau seharga Rp 10 miliar saat membelinya dari Queens Park Rangers. Jika dihitung, The Reds mengantongi keuntungan hingga Rp789 miliar saat menjual sang pemain.

Satu musim sebelumnya, Liverpool juga membiarkan Luis Suarez berlabuh ke Camp Nou dengan harga senilai Rp1,1 triliun. Padahal, klub Merseyside tersebut hanya mengeluarkan dana sebesar Rp217 miliar untuk memboyong Suarez dari Ajax Amsterdam.

©
Caption Copyright: Luis Suarez.

Dengan keuntungan sebesar itu, tentu tidak jadi masalah bagi Liverpool membajak Virgil Van Dijk dari Southampton. Seperti yang diketahui, Van Dijk dinobatkan sebagai bek termahal di dunia setelah dibeli Liverpool dengan harga 75 juta pound (Rp1,3 triliun).

6