Bola Internasional

22 Tahun Berkarier, Ronaldinho Punya 10 Gelar Juara Bergengsi

Rabu, 17 Januari 2018 11:22 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Legenda Timnas Brasil, Ronaldinho telah memutuskan pensiun sebagai pesepakbola. Ya, setelah jalan tiga tahun menganggur tanpa klub, pemain bernama asli Ronaldo de Assis Moreira itu akhirnya resmi gantung sepatu.

Ketika aktif menjadi seorang pesepakbola, Ronaldinho tercatat pernah bermain di delapan klub berbeda yang berada di Brasil maupun negara Eropa. Karier profesionalnya pertama kali dimulai ketika ia memperkuat Gremio pada 1998 silam.

Di 2001, ia hijrah ke Eropa dan bergabung dengan klub Prancis, Paris Saint-Germain. Performa gemilangnya di PSG pun membuat Ronaldinho menarik minat Barcelona untuk merekrutnya di tahun 2003.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESRonaldinho memutuskan pensiun di usia 37 tahun.

Lima tahun bersama Blaugrana, Ronaldinho akhirnya memutuskan untuk hijrah ke AC Milan dan bertahan di San Siro hingga akhir musim 2011. Pasca keluar dari Milan, karier Ronaldinho mengalami penurunan drastis ketika memperkuat Flamengo, Atletico Mineiro, Queretaro, dan Fluminense.

Meski bisa dikatakan melempem di tujuh tahun usianya menuju pensiun, kita tidak lupa bahwa Ronaldinho tetaplah seorang pesepakbola hebat yang memiliki segudang prestasi.

Tercatat, selama 22 tahun meniti karier bersama si kulit bundar, Ronaldinho telah sembilan kali mengecap rasanya memegang trofi juara, yang tidak banyak pesepakbola bisa ikuti.

 

When Ronaldinho made magic on the pitch, the silverware followed 🏆🔮

A post shared by Bleacher Report Football (@brfootball) on

Ketika masih di Barcelona, Ronaldinho berhasil mengoleksi lima gelar juara, yakni dua trofi La Liga Spanyol (2004/05 dan 2005/06), Supercopa de Espana (2005 dan 2006) dan satu trofi Liga Champions (2005/06). Sedangkan saat di Milan, Ronaldinho hanya pernah meraih satu trofi Serie A Italia (2010/11).

Di penghujung kariernya, Ronaldinho juga sempat mempersembahkan dua gelar bergengsi, yakni Copa Libertadores (2013) dan Recopa Sudamericana (2014) untuk Atletico Mineiro.

Prestasi paling membanggakan Ronaldinho sendiri adalah ketika ia bermain untuk Timnas Brasil. Bersama Tim Samba, Ronaldinho pernah menjuarai Piala Dunia U-17 (1997) Piala Konfederasi (2005), Copa America (1999), dan puncaknya adalah ketika Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002.

Sedikit informasi, kabar Ronaldinho yang memutuskan pensiun pertama kali diinfokan oleh sang kakak sekaligus agennya, Roberto Assis. Rencananya setelah Piala Dunia 2018, akan dibuat acara perpisahan dengan Ronaldinho.

10