In-depth

Sebentar Lagi, Andri Syahputra Bisa Main Bersama Sneijder

Kamis, 18 Januari 2018 07:02 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Andri Syahputra. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Andri Syahputra.

Pemain kelahiran Indonesia, Andri Syahputra semakin menunjukkan kualitasnya di Timur Tengah. Saat ini, Andri membela tim bernama Al Gharafa dan namanya sudah tercantum dalam daftar skuat senior yang juga membuat dirinya satu tim bersama Wesley Sneijder.

Wesley Sneijder sendiri baru saja bergabung ke klub yang sama dengan Andri pada awal Januari ini. Namun, sejak kedatangan Sneijder ke Al-Gharafa, Andri belum juga dimainkan oleh Al-Gharafa yang berada di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Qatar itu.

Al-Gharafa saat ini lebih banyak memainkan Andri Syahputra di Qatargas League U-23. Keputusan klub lebih sering memainkan Andri di kompetisi level U-23 Qatar itu nampaknya menjadi keputusan yang cukup tepat pasalnya sang pemain mampu memiliki lebih banyak waktu bermain.

Menurut pantauan INDOSPORT yang didapat dari Transfermarkt, Andri Syahputra memang cukup sulit untuk menembus starting line-up tim senior Al-Gharafa. Lini depan tim memang diisi oleh striker-striker senior seperti Mohamed Razak, penggawa Timnas Qatar dan Mehdi Taremi, penggawa Timnas Iran.

© Instagram/@andri010
Andri Syahputra (kanan) berusaha merebut bola Copyright: Instagram/@andri010Andri Syahputra (kanan) berusaha merebut bola

Terakhir kali dibawa skuat senior Al-Gharafa ke sebuah pertandingan, Andri Syahputra hanya berada di bangku cadangan saat akhir November 2017 lalu. Saat itu timnya menang dengan skor 3-1 menghadapi Al Arabi di laga ke-10 Qatar Stars League musim 2017/18.

Setelah laga tersebut, Andri jarang dibawa ke skuat senior dan lebih sering membela Al-Gharafa di Qatargas League U-23. Namun, sikap Andri sangat hebat dengan menunjukkan kualitas permainannya dengan maksimal setiap kali dimainkan.

Dalam laga teresbut, Andri mencetak satu gol dan dua assist atas gol pertama yang dicetak oleh M. Abu Shahab dan gol penyeimbang kedudukan yang dicetak Mohammed Al Beraik di penghujung laga. Sebelum laga tersebut, Andri juga berhasil memborong dua gol saat Al Gharafa mengalahkan Kharaitiyat dengan skor 2-1 pada Minggu (07/01/18).

Baru-baru ini saja, Andri mampu mencetak gol untuk membantu timnya terhindar dari kekalahan di markas Al-Khor, Senin (15/01/18) kemarin. Sempat tertinggal 3-1 dari tuan rumah, performa solid Andri dan rekan-rekan setimnya mampu membawa Al-Gharafa memaksa hasil imbang 3-3.

© Instagram/@andri010
Andri Syahputra saat berlaga untuk Al Gharafa U-23. Copyright: Instagram/@andri010Andri Syahputra saat berlaga untuk Al Gharafa U-23.

Menurut pengakuan sang ayah, Agus kepada INDOSPORT, Andri memang tidak hanya sekali dua kali mencetak gol di Qatargas League U-23. Sebelum tiga gol yang dijelaskan di atas, Andri sudah mencetak banyak gol, hanya saja tidak terekam oleh sang ayah.

Dengan penampilan yang konsisten di level U-23, bukannya tidak mungkin jika skuat senior Al-Gharafa kembali memanggil Andri. Kans Andri untuk bermain dan dimanjakan oleh umpan-umpan akurat Sneijder otomatis semakin membesar. Kita tunggu saja kapan hal tersebut terjadi.

1.3K