Liga Indonesia

Indra Sjafri Beri Bocoran Soal Peluncuran Elite Pro Academy di Liga 1

Selasa, 23 Januari 2018 20:49 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Joko Sedayu
© INDOSPORT/Abdurrahman.R
Indra Sjafri, pelatih kepala tim AIA Championship 2018. Copyright: © INDOSPORT/Abdurrahman.R
Indra Sjafri, pelatih kepala tim AIA Championship 2018.

Pembibitan berjenjang yang direncanakan oleh PSSI lewat Elite Pro Academy guna meningkatkan kualitas sepakbola tanah air sebelumnya mendapatkan tanggapan cukup positif dari pelatih timnas U-19, Indra Sjafri. 

Meski belum diketahui secara jelas keterlibatannya dalam proyek PSSI yang rencananya akan diterapkan pada delapan klub Liga 1 musim depan, namun Indra Sjafri sedikit memberikan bocoran kapan tepatnya proyek akademi tersebut akan diumumkan secara resmi. 

© the-afc
Timnas U-16. Copyright: the-afcTimnas U-16.

"Sudah mau launching dalam waktu dekat. Insha Allah bulan Februari. Nanti media akan diundang," ungkap Indra kepada INDOSPORT pada Minggu (21/01/18) kemarin di Pancoran, Jakarta. 

Rencana dibentuknya Liga 1 U-16 dinilai oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, sebagai langkah untuk jangka waktu panjang dalam mempersiapkan dan mengembangkan bibit pesepakbola muda Indonesia untuk ke depannya mengemban prestasi sepakbola Tanah Air di tingkat internasional.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTWakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. Herry Ibrahim/INDOSPORT

"Anak-anak ini akan dikirimkan ke klub-klub Liga 1. Nantinya di sana PSSI yang akan mencoba mendorong dibentuknya akademi elite yang ada di klub-klub Liga 1. Ini akan menjadi dorongan untuk membentuk Elite Pro Academy," ungkap Joko saat dihubungi INDOSPORT beberapa waktu lalu. 

Soal mengapa klub-klub yang ada di Liga 1 dijadikan bagian dari uji coba Elite Pro Academy tersebut, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, rupanya memiliki alasan tersendiri. Hal tersebut berkaitan dengan lisensi klub-klub Liga 1 tersebut ke depannya.

"Kenapa Liga 1? Kita mendorong klub-klub untuk memenuhi persyaratan lisensi klub. Klub sudah harus didorong untuk membentuk Elite Pro Academy," papar Joko.