Liga Indonesia

Persib Sudah Tak Bisa Lagi Gunakan Stadion GBLA

Senin, 29 Januari 2018 16:50 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, Jawa Barat, mulai direnovasi menghadapi Asian Games 2018  yang akan berlangsung pada Agustus hingga September 2018 mendatang.

"Info yang diperoleh di lapangan, pekerja sudah masuk pada tanggal 17 (Januari). Mereka sudah mengerjakan (renovasi) kecil-kecilan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Dodi Ridwansyah seperti dikutip INDOSPORT dari Antara.

© Internet
Caption Copyright: InternetGBLA menjadi salah satu venue Asian Games 2018.

Dodi mengatakan, saat proses renovasi ada delapan pekerjaan yang menjadi fokus pembenahan stadion. Kedelapan pekerjaan itu yakni perawatan rumput, penambahan lampu stadion, perbaikan drainase, penambahan fasilitas, pengecatan dinding, pergantian kursi penonton yang rusak, penambahan daya listrik, dan pengerjaan perbaikan gerbang keluar stadion.

Demi mempercantik stadion kebanggan masyarakat Bandung tersebut, dana yang dikeluarkan pun tidak tanggung-tanggung, yakni mencapai Rp10 miliar.

"Anggarannya APBN semua lewat PUPR, info yang saya dapatkan semuanya kurang lebih Rp10 miliar," kata dia.

© Arif Rahman
Skuat Persib Copyright: Arif RahmanPersib sementara tidak bisa menjadikan GBLA sebagai home base di Liga 1 musim 2018.

Menurutnya, rencana renovasi akan dilakukan pada awal Januari, namun berhubung Kota Bandung dipilih menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Piala Presiden 2018, renovasi tersebut mundur dari jadwal semula.

Ia mengatakan, belum bisa memastikan apakah Stadion GBLA dapat digunakan sebagai home base Persib Bandung saat kompetisi Liga 1 Indonesia dimulai, mengingat pengerjaan membutuhkan waktu enam bulan.

"Saya sudah sampaikan ke pihak manajemen untuk liga satu kemungkinan besar tidak bisa menggunakan GBLA," katanya.

729