Liga Inggris

Kesal, Klopp Suruh Anak Buahnya Nonton Ulang Laga Lawan Man City

Selasa, 30 Januari 2018 08:59 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Abdurrahman Ranala
© getty images
Ekspresi kemarahan dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Copyright: © getty images
Ekspresi kemarahan dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Pelatih nyentrik Liverpool, Jurgen Klopp menyesalkan mental anak asuhnya yang acap tidak konsisten. Bagaimana tidak, usai berhasil memutus rekor tak terkalahkan Man City, Mohamed Salah dkk justru keok dari Swansea dan tersingkir dari Piala FA. Kenyataan ini dianggap Klopp mencederai status para jagoan-jagoanya sebagai pemain kelas dunia.

"Anak-anak ini, kita tahu potensinya adalah kelas dunia. Tapi kelas dunia yang nyata adalah membawanya ke lapangan lagi dan lagi dan lagi," katanya seperti dikuti dari Soccerway.

Seperti diketahui, Liverpool berhasil menumbangkan Man City dengan skor 4-3 di Liga Primer Inggris. Sayang kemenangan itu ternoda dengan kekalahan dari Swansea City dan kegagalan menembus putaran keempat Piala FA setelah takluk di kandang West Brom. Pada hal dua klub itu berstatus sebagai tim papan bawah Liga Primer Inggris.

Liverpool memang terlihat tampil apik dan seperti tak kenal lelah kala bentrok dengan City. Saat itu, mereka berhasil mendapat pujian tapi saat bertandang ke West Brom, anak asuhnya  bermain sangat buruk terutama di lini pertahanan. 

"Anda harus benar-benar membela diri dalam formasi yang kompak. Kami tidak kompak, itu masalahnya," ujar pelatih berkebangsaan Jerman itu.

"Di ruang video, saya menunjukkan kepada mereka, dimana kita bisa bereaksi jauh lebih baik (saat melawan City). Kita kembali bertahan saat semua orang bertanggung jawab, maka kita akan kembali bertahan lebih baik."

© INDOSPORT
Jhonny Evans (tengah) diantara para pemain Liverpool. Copyright: INDOSPORTJhonny Evans (tengah) diantara para pemain Liverpool.

Kendati demikian, Klopp mengatakan jika hal itu bukan sepenuhnya menyalahkan para pemain. Namun ia ingin memperlhatkan kepada anak asuhnya, jika mereka harus bekerja dengan baik saat menyerang maupun dalam bertahan.

"Itulah mengapa kami menunjukkan kepada mereka. Ini bukan tentang menyalahkan pemain, ini tentang menunjukkan apa yang sebenarnya terjadi, karena pemain mungkin tidak akan melihat laga sebelumnya dan berpikir 'oh, itu dia'. Mereka akan mencoba untuk mengabaikannya, tapi kali ini saya tidak ingin memberi mereka kesempatan untuk mengabaikannya," beber pelatih yang akan berusia 51 tahun pada Juni mendatang.

© INDOSPORT
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp saat memberikan instruksi dari luar lapangan. Copyright: INDOSPORTPelatih Liverpool, Jurgen Klopp saat memberikan instruksi dari luar lapangan.

Sejauh ini Liverpool berada di posisi keempat klasemen dengan 14 pertandingan tersisa musim ini. The Reds berada dua poin di atas Tottenham, yang dimana anak asuh Mauricio Pochettino itu akan mengunjungi Anfield akhir pekan nanti dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris, Minggu (04/02/18).

199