Liga Indonesia

Tak Lolos Verifikasi, Begini Nasib Deretan Stadion Klub Liga 1 Musim Ini

Kamis, 1 Februari 2018 11:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon, Annisa Hardjanti | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ki-ka: Tigor Salomboboy, Berlington Siahaan (Dirut PT LIB), Risha Adi Wijaya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ki-ka: Tigor Salomboboy, Berlington Siahaan (Dirut PT LIB), Risha Adi Wijaya.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy mengungkapkan soal kesempatan memperbaiki stadion bagi klub-klub Liga 1 musim ini, berdasarkan hasil verifikasi stadion yang telah dilakukan beberapa waktu ini. Dengan begitu, masih ada kesempatan bagi stadion-stadion tersebut untuk memperbaiki nasib mereka menjelang bergulirnya Liga 1 musim ini. 

© Kesuma Ramadhan/INDOSPORT
Stadion Teladan saat digenangi air. Copyright: Kesuma Ramadhan/INDOSPORTStadion Teladan saat digenangi air.

Tigor sendiri menekankan bahwa jika ada klub yang belum mampu melakukan renovasi, atau bahkan tak melakukan perbaikan pada markas mereka hingga masih belum memenuhi standar verifikasi, maka klub tersebut harus pindah ke stadion baru. 

"Kami kasih kesempatan untuk perbaiiki dengan tenggat waktu yang kita minta atau mereka yang mengajukan. Kalau tak sanggup mereka harus pindah. Perbaikan setiap stadion berbeda jadi LIB gak ngatur batas waktu," urai Tigor. 

© INTERNET
Stadion Marora. Copyright: INTERNETStadion Marora.

Dari hasil verifikasi yang telah dilakukan oleh PT LIB, tercatat hingga kini terdapat tiga stadion yang dinyatakan belum lolos dari standar yang telah ditetapkan untuk dapat mengarungi laga Liga 1 2018. Ketiga stadion itu adalah Stadion Teladan dari PSMS Medan, Stadion Moch Soebroto dari PSIS, dan Stadion Marora dari Perseru Serui.

Deretan stadion tersebut dinilai belum layak untuk Liga 1 musim ini. Sementara Stadion PTIK dari Bhayangkara FC baru akan dilakukan verifikasi pada pekan depan oleh PT LIB.

Verifikasi hingga kini masih terus dilakukan, mengingat PT LIB baru melakukan pemeriksaan kelayakan tersebut pada 10 stadion milih klub peserta Liga 1 musim ini. Verifikasi masih akan terus dilakukan hingga 3 Maret 2018 mendatang.

327