Bola Internasional

Setelah Tendang Pemain, Wasit Ini Dihukum Satu Semester

Jumat, 2 Februari 2018 15:22 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© La Voix du Nord
Tony Chapron diprotes para pemain Nantes setelah memberikan kartu merah kepada Diego Carlos. Copyright: © La Voix du Nord
Tony Chapron diprotes para pemain Nantes setelah memberikan kartu merah kepada Diego Carlos.

Federasi Sepakbola Prancis (FFF) telah mengeluarkan hukuman kepada wasit Tony Chapron, yang mencoba menendang pemain Nantes Diego Carlos. FFF menjelaskan bahwa sang pengadil akan menerima larangan memimpin laga selama enam bulan.

Chapron sendiri sempat terlibat insiden dengan Diego Carlos pada laga yang mempertemukan Nantes dengan pemimpin klasemen Ligue 1 saat ini, Paris Saint German pada 14 Januari lalu.

Wasit berusia 45 tahun tersebut sempat mencoba menendang Diego Carlos setelah sebelumnya secara tidak sengaja tersandung saat berlari. Bahkan, Chapron memberikan kartu kuning kedua kepada sang pemain yang menyebabkan Nantes bermain dengan 10 orang.

Pihak Nantes pun mempertanyakan keputusan Chapron yang telah mengusir Diego dari lapangan pada laga yang digelar di Louis Fonteneau, Nantes. Pasalnya tabrakan merupakan sesuatu yang lumrah dalam dunia sepakbola, terlebih hal itu tidak disengaja.

© http://www.dailymail.co.uk
Tony Chapron berusaha menendang balik Diego Carlos Copyright: http://www.dailymail.co.ukTony Chapron berusaha menendang balik Diego Carlos.

FFF pun langsung memberikan tindakan untuk menghapus penangguhan Diego Carlos. Otoritas tertinggi sepakbola Prancis tersebut pun akhirnya memberikan larangan enam bulan plus tiga bulan skors kepada Chapron.

Hal itu pun dibenarkan langsung oleh salah satu petinggi FFF, Pascal Garibian. “Kami mencatat keputusan Komite Disiplin dari Liga Sepak Bola Profesional.”

“Setelah dia menjalani skorsingnya, Tony Chapron akan kembali lagi ke DTA (badan perwalian Prancis) yang bisa memimpin laga di Ligue 1 atau Ligue 2,” lanjutnya.

290