Liga Inggris

Klopp: Juara di Liga Lain, Belum Tentu Juara di Liga Inggris

Minggu, 4 Februari 2018 17:28 WIB
Penulis: Gerry Crisandy | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Jurgen Klopp mengungkapkan sulitnya persaingan di Liga Primer Inggris Copyright: © INDOSPORT
Jurgen Klopp mengungkapkan sulitnya persaingan di Liga Primer Inggris

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp masih dalam pencarian trofi pertamanya bersama Liverpool. Menduduki peringkat ketiga Liga Primer Inggris, Klopp sangat mengerti bahwa klubnya memiliki mental juara yang sangat tinggi.

Mantan pelatih Liverpool, Bill Shankly, sempat menekankan berada di peringkat kedua bukanlah sebuah prestasi. "Jika anda yang pertama, anda adalah yang pertama. Jika anda yang kedua, anda bukan apa-apa," kutipan tersebut menunjukkan bagaimana Liverpool dulunya adalah tim yang bahkan tidak pernah berada di posisi kedua.

Klopp, memahami pandangan pelatih legendaris tersebut, namun dirinya memiliki pandangan berbeda. Karena menurutnya, saat ini persaingan Liga Inggris lebih sengit dibanding saat zaman Shankly melatih.

"Ia [Shankly] merupakan pelatih fantastis di sebuah klub luar biasa dalam sebuah kota yang gila sepak bola, tapi kita tidak bisa membandingkan masa itu dengan sekarang," ujarnya seperti dikutip dari The Guardian

© INDOSPORT
Jurge Klopp saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya. Copyright: INDOSPORTJurge Klopp saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya.

"Orang-orang menanyai saya apakah saya akan menganggap finish di empat besar sebagai musim yang sukses. Saya harus bertanya bagaimana tidak? Di liga seperti ini, untuk berakhir di empat besar anda membutuhkan 70 poin lebih," lanjutnya.

"Tak dapat dipercaya, sebab anda harus menang di semua tempat. Anda hanya bisa kalah mungkin sebanyak empat kali sepanjang musim. Di liga lain di dunia, dengan hanya empat kekalahan, anda akan berakhir di posisi pertama atau kedua. Di Inggris anda bisa menjadi yang kelima."

© TheShanklyHotel
Mantan Pelatih Liverpool Bill Shankly Copyright: TheShanklyHotelMantan Pelatih Liverpool Bill Shankly

Mantan pelatih Borussia Dortmund ini pun merasa bahwa jika Shankly berada di posisinya, ia akan memiliki pandangan yang sama dengannya. Namun, Klopp juga mengaku bahwa dia berharap Liverpool bisa memenangkan sesuatu nantinya.

"Jika anda bisa membawa Bill [Shankly] kembali ke klub, ia mungkin tidak akan senang dengan peringkat keempat, tapi karena ia adalah seorang pelatih fantastik ia akan melihat bahwa ini adalah satu=satunya arah yang bisa kami tuju.

"Kami ingin berada di posisi yang dapat memenangkan sesuatu suatu hari nanti, tapi hanya dengan lebih menginginkannya dibandingkan klub lain, tidak berarti itu akan lebih mungkin terjadi. Inilah kenyataannya," tambahnya.

251