Liga Indonesia

Resmi Jadi WNI, Beto Ingin Bela Timnas Indonesia

Rabu, 7 Februari 2018 10:01 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Isman Fadil
© Muhammad Effendi/Indosport.com
Striker andalan Sriwijaya, Alberto Golcalves. Copyright: © Muhammad Effendi/Indosport.com
Striker andalan Sriwijaya, Alberto Golcalves.

Striker andalan Sriwijaya FC (SFC), Alberto Golcalves sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Bomber kelahiran Brasil berusia 37 tahun ini menyampaikan keinginannya membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

"Kalau dibutuhkan saya siap dipanggil Timnas," kata Beto, Rabu (07/02/2018).

Kendati ingin membela Merah Putih, Beto menegaskan bakal fokus untuk Sriwijaya FC terlebih dahulu. Pasalnya, Laskar Wong Kito akan melakoni laga leg pertama semifinal Piala Presiden 2018 melawan Bali United di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu (11/02/18) malam WIB.

Lebih lanjut, Beto mengatakan tujuannya menjadi WNI. Dengan status naturalisasi, maka ia tidak akan memakan slot pemain asing. Beto bisa bermain sebagai pemain lokal, sementara satu pemain asing lain bisa turun memperkuat SFC. 

"Saya harap, SFC bisa lebih kuat. Fokus saya tetap buat SFC dulu, tapi kalau dibutuhkan timnas saya tetap siap," katanya.

Sedikit informasi, gelombang naturalisasi pemain mulai meledak pada periode 2011-2012. Setidaknya hampir 10 pemain asing dan keturunan Indonesia yang dinaturalisasi. Saat itu, mereka digadang-gadang akan dibawa dalam skuat Timnas Indonesia untuk menghadapi SEA Games 2011 dan turnamen Asosiasi Federasi Sepak Bola Asia Tenggara atau Piala AFF 2012.

© Muhammad Effendi/Indosport.com
Pemain Sriwijaya FC saat latihan. Copyright: Muhammad Effendi/Indosport.comPemain Sriwijaya FC saat latihan.

Sebelumnya pada tahun 2010, Alberto Goncalves sempat mengikuti proses naturalisasi bersama Christian Gonzales untuk memanfaatkan peluang masuk skuat Garuda. Namun, harapannya berseragam Merah Putih harus pupus karena ketika itu ia mengalami cedera  saat masih membela Persipura Jayapura.

Tak lupa Presiden Klub Sriwijaya FC Dodi Reza mengucapkan selamat untuk Beto yang telah berstatus Warga Negara Indonesia. Dodi mengatakan sangat senang ketika mendengar kabar bahwa Beto sudah menuntaskan proses menjadi WNI di Dirjen Imigrasi. 

"Selamat Beto, semoga dengan menjadi WNI, kamu bukan hanya berbahagia bersama keluarga tapi bisa membawa Sriwijaya FC juara," kata Dodi di Palembang, Selasa.

Pada hari Kementerian Hukum dan HAM mengeluarkan surat resmi perihal penetapan Beto sebagai WNI. Beto tinggal melaksanakan sumpah untuk benar-benar menjadi WNI dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Banyak ganjalan yang manajemen hadapi untuk mewujudkan ini. Bersyukur sekali Beto akhirnya bisa menjadi WNI. Sekali lagi selamat dan semoga hal serupa juga terjadi bagi Esteban Vizcarra yang saat ini sedang proses," ujar Bupati Musi Banyuasin ini.

713