Liga Inggris

David Silva Cedera, Kiper Man City Siap Main sebagai Gelandang

Kamis, 8 Februari 2018 13:23 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Joko Sedayu
© FourFourTwo
Ederson Moraes. Copyright: © FourFourTwo
Ederson Moraes.

Nama Ederson Moraes mulai mencuat setelah dirinya menempati posisi utama di bawah mistar Manchester City pada musim ini. Dirinya bahkan berhasil menggeser salah satu kiper terbaik milik Inggris, Joe Hart.

Tipe permainan berbeda yang ditampilkan Ederson pun membuat pelatih Pep Guardiola terus mempercayakan posisi penjaga gawang kepada kiper asal Brasil tersebut. Karena Guardiola memang menyukai tipe kiper yang bisa mengolah bola.

Ederson pun telah memainkan apa yang telah diinginkan Guardiola. Mantan penjaga gawang Benfica tersebut kerap kali keluar dari sarangnya untuk mengawali serangan tim melalui operan-operannya.

Dengan ketenangannya mengolah bola, banyak yang menilai bahwa Ederson adalah penjaga gawang yang cenderung memiliki karakter gelandang. Pasalnya, Ederson tidak menampilkan permainan layaknya kebanyakan kiper di Liga Primer Inggris.

Menanggapi hal tersebut, Ederson mengaku yakin dirinya mampu bermain di lini tengah Manchester City. Pemain berusia 24 tahun tersebut menyebutkan bahwa ia siap jika Guardiola menginginkannya bermain sebagai gelandang.

"Ketika saya bermain di tim muda Benfica, mereka akan selalu memanggil saya untuk bermain di lini tengah, jika ada pemain yang hilang dan saya tidak pernah mempermalukan diri sendiri (saat bermain sebagai gelandang)," katanya kepada FourFourTwo.

"Jadi, jika perlu, saya pasti akan melakukan tugas itu, tidak akan mudah, terutama di Liga Primer, tapi saya pikir saya bisa mengatasi tantangan ini," lanjutnya.

© INDOSPORT
David Silva melakukan selebrasi usai mencetak gol Copyright: INDOSPORTDavid Silva melakukan selebrasi usai mencetak gol

Ederson sendiri memuji kemampuan yang dimiliki para pemain bertahan Manchester City pada musim ini. Karena dengan kehadiran mereka, lanjut Ederson, dirinya bisa memainkan bola dengan nyaman.

"Ada banyak pemain bagus di tim ini yang berada di depan saya, saya selalu merasa nyaman dengan bola di kaki saya, dan ini membantu saya saat bermain," kata Ederson.

Saat ini, Manchester City telah mengalami krisis pemain tengah setelah David Silva mulai diragukan untuk tampil penuh di pertandingan Liga Primer Inggris. Ini pun memunculkan kemungkinan Ederson untuk mengisi lubang di lini tengah Manchetser City.

1.4K