Bola Internasional

Setelah Messi dan Ronaldo, Lalu Siapa ?

Kamis, 8 Februari 2018 22:36 WIB
Penulis: Fransdian Ricardo Purba | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

Selain kematian, menua adalah hal yang tak bisa dihindarkan oleh manusia di seluruh penjuru dunia ini. Tak terkecuali dengan Ronaldo dan Messi yang kian hari semakin menua. Kedua pesepakbola yang telah memberikan pertunjukan hebat dalam 10 tahun terakhir ini sudah memasuki usia kepala tiga.

Itu artinya mereka memasuki masa-masa kontraproduktif sebagai pesepakbola profesional. Bahkan Ronaldo kini sudah berusia 33 tahun saat 5 Februari 2018 lalu.  

Pada umumnya pesepakbola sudah kehilangan masa-masa produktifnya atapun mengalami performa yang menurun saat memasuki usia 33 tahun.  Sejarah membuktikan bahwa tidak ada pesepakbola yang meraih Balon d'Or saat berusia 34 tahun keatas. 

Bahkan Ronaldo sudah menunjukkan performa menurun bersama Real Madrid di musim 2017/2018. Pada musim ini di pentas La liga Spanyol,  Ronaldo hanya melesakkan 8 gol dari 17 pertandingan yang sudah ia jalani bersama Real Madrid.

Itu artinya ia hanya mampu melesakan 1 gol disetiap 189 menit pertandingan. Jika dibandingkan dengan musim 2016/2017, Ronaldo mampu melesakan 25 gol dari 29 kali penampilannya di pentas La Liga Spanyol. itu artinya ia mampu melsakan 1 gol disetiap 102 menit pertandingan.

Begitu juga dengan Messi, Pria asal Argentina itu akan memasuki usia ke 31 tahun pada 24 juni 2018 mendatang. Saat ini ia memang terbilang masih produktif di Barcelona, tetapi ia juga mengalami performa yang menurun jika dibandingkan musim lalu. 

Pria Argentina itu memang mencetak 20 gol dari 22 pertandingan La Liga musim ini. itu artinya ia melesakan satu gol setiap 96 menit pertandingan. Namun ternyata di musim 2016/2017 performa Messi ternyata lebih bagus jika dibandingkan musim ini.

Ia mampu melesakan 37 gol dari 34 pertandingan La Liga. Dan itu artinya ia mampu melesakan satu gol setiap 77 menit pertandingan. Jika ditelaah lebih jauh artinya pesepakbola makin tua makin tak jadi.

Namun INDOSPORT sudah merangkum 3 pemain yang diprediksi akan menjadi pemain terbaik setelah masa Ronaldo dan Messi berakhir. 

 

331