Liga Indonesia

3 Fakta Mencengangkan Toshiyuki Nagi, Direktur Wasit Anyar PSSI

Jumat, 9 Februari 2018 09:31 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© PSSI
Direktur Teknik Wasit PSSI, Toshiyuki Nagi Copyright: © PSSI
Direktur Teknik Wasit PSSI, Toshiyuki Nagi

PSSI baru saja membuat gebrakan baru lewat keputusan untuk menunjuk Direktur Teknik Wasit anyar tahun ini. Tentunya, keputusan tersebut akan menjadi warna baru yang lebih segar dalam dunia wasit Indonesia. 

Ia adalah Toshiyuki Nagi, yang secara resmi ditunjuk oleh PSSI memegang jabatan tersebut tahun ini pada Selasa (06/02/18) lalu. Bukan tanpa alasan, pemilihan Toshiyuki sendiri memang menjadi bagian dari kesepakatan yang terjadi antara asosiasi sepakbola Jepang, JFA dengan PSSI. 

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Wakil Ketum PSSI, Joko Driyono menyerahkan piala kemenangan atas uji coba dalam merayakan 60 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang kepada kapten FC Tokyo, Yuichi Maruyama. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comWakil Ketum PSSI, Joko Driyono menyerahkan piala kemenangan atas uji coba dalam merayakan 60 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang kepada kapten FC Tokyo, Yuichi Maruyama.

Kehadiran Toshiyuki dipercaya akan mampu membawa penyegaran bagi dunia wasit Indonesia. Terlebih lagi, sebentar lagi kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia, Liga 1 akan segera bergulir awal Maret mendatang. 

Gebrakan ini tentu saja akan menjadi permulaan bagi dunia sepakbola Indonesia yang ingin terbebas dari citra wasit-wasit kontroversial dalam pengambilan keputusan dari laga yang mereka pimpin. Hal itu menjadi salah satu tanggung jawab Toshiyuki dari jabatan anyarnya tersebut.

Ditunjuknya Toshiyuki oleh PSSI sebagai Direktur Teknik Wasit tak sembarangan begitu saja. Pria kelahiran 1971 tersebut punya sederet fakta yang cukup mencengangkan dalam perhelatannya di sepanjang karirnya sebagai wasit. 

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum tiga  fakta mencengangkan yang dimiliki oleh Toshiyuki Nagi sebelum dirinya ditunjuk menjadi Direktur Teknik Wasit oleh PSSI pada tahun ini: