Liga Indonesia

Duel Semen Padang FC vs Jordus FC Buka Masa Lalu Hengki Ardiles

Minggu, 11 Februari 2018 15:50 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Isman Fadil
© Taufik Hidayat/Indosport.com
Hengki Ardiles sedang menguasai bola Copyright: © Taufik Hidayat/Indosport.com
Hengki Ardiles sedang menguasai bola

Ada yang menarik saat markas tim lokal amatir Kabupaten Tanah Datar, Jordus FC, yakni lapangan sepakbola Pulai, Sungayang, disambangi skuat Semen Padang FC, Sabtu (10/02/18) sore, dalam rangkaian uji coba tour Sumatera Barat

Itu karena kata sambutan jelang kick off dari Pembina Jordus FC, H. Yasman Yanusar, yang notabene Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat membuka masa lalu ikonik Semen Padang FC dan sepakbola Ranah Minang, Hengki Ardiles. 

Dihadapan hampir 2000 pasang mata yang kebanyakan pencinta sekaligus suporter Semen Padang FC, H. Yasman menyampaikan lagi rekam jejak sang kapten kala masih berusia belasan tahun, tepat di tahun 1999.

"Saat itu Hengki masih muda. Dia membela tim kampung bernama Porsenas dan melawan Semen Padang Junior yang dilatih Ricky Darman. Momen ini yang menjodohkan Hengki dengan Semen Padang," beber Yasman.

© Taufik Hidayat/Indosport.com
Hengki Ardiles berusaha mengamankan bola dari pemain Jordus FC Copyright: Taufik Hidayat/Indosport.comHengki Ardiles berusaha mengamankan bola dari pemain Jordus FC

"Penampilannya bersama Porsenas menarik minat Semen Padang untuk mengajaknya bergabung ke Indarung. Sekarang 22 tahun berlalu, perjalanan karir yang luar biasa baginya. Sore ini El Capitano kembali kesini, lapangan Pulai, Sungayang," ungkap Yasman yang disambut tepuk tangan penonton.

Hengki Ardiles seperti yang selama ini diketahui memang memulai karier sejak usia belia, setamat SMA. Pria kelahiran 1981 itu punya bakat alam dan talenta mumpuni yang ditemukan Semen Padang FC pada turnamen sepakbola tarkam, Jordus Cup.

© Taufik Hidayat/Indosport.com
Semen Padang FC vs Jordus FC Copyright: Taufik Hidayat/Indosport.comSemen Padang FC vs Jordus FC

"Ini harus jadi motivasi untuk talenta dan bakat-bakat pesepakbola Tanah Datar sekarang agar meniru semangat Hengki Ardiles yang berjuang dari level terbawah dalam menggapai asa menjadi pesepakbola profesional," sambung nya.

Sejak 1999, pemilik lima caps Timnas Indonesia setia berkostum Semen Padang, bermula direkrut Semen Padang Junior hingga naik ke tim senior sampai usianya sekarang menginjak 37 tahun.

Meski sempat semusim hengkang dari Semen Padang FC ke tim Persikabo Bogor, di Liga Indonesia 2007, Hengki kembali ke markas klub yang membesarkannya serta membawa klub berjulukan Kabau Sirah promosi ke Liga Super Indonesia 2010/11.

© Taufik Hidayat/Indosport.com
Skuat Semen Padang FC. Copyright: Taufik Hidayat/Indosport.comSkuat Semen Padang FC.

"Kita pantas berikan apresiasi tinggi kepada Hengki. Kitapun mendukung dan mendoakan Semen Padang FC naik lagi ke habitat aslinya, Liga 1 Indonesia," tutup Pak Haji sapaan karib tokoh penerima penghargaan pembina olahraga terbaik Sumatera Barat tersebut.

Duel ujicoba sendiri, berakhir dengan kemenangan telak Semen Padang 6-1 atas Jordus FC. Hengki ikut menyumbangkan satu gol kemenangan. Lima gol lainnya diciptakan Elthon Maran (dua gol), Ananias Fingkrew, Irsyad Maulana dan Rudi.

446