Liga Indonesia

Final Piala Presiden 2018 Akan Dipimpin Wasit FIFA

Sabtu, 17 Februari 2018 00:30 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Presiden 2018. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Piala Presiden 2018.

Piala Presiden 2018 akan mencapai puncaknya pada hari ini, Sabtu (17/02/18). Sriwijaya FC akan melawan PSMS Medan untuk memperebutkan tempat ketiga dalam laga bertajuk "Battle of Sumatera". 

Selanjutnya, Persija Jakarta yang akan didukung puluhan ribu The Jakmania akan melawan Bali United. Kedua tim ini akan bertarung hingga akhir untuk menentukan yang terbaik, dan berhak mengangkat trofi Piala Presiden 2018. 

Selain mempersiapkan venue, tiket, dan hiburan untuk partai final. Organizing Committee Piala Presiden juga telah menentukan perangkat pertandingan untuk laga puncak tersebut. Dalam  Match Coordination Meeting (MCM) yang dihelat pada Jumat (16/02/18) telah disiapkan delapan perangkat pertandingan. Semuanya wasit berlisensi FIFA.

© Enanaija
Ilustrasi wasit berikan kartu merah. Copyright: EnanaijaIlustrasi wasit berikan kartu merah.

Ada empat wasit berlisensi FIFA yang akan disiapkan untuk memimpin laga perebutan tempat ketiga dan babak final Piala Presiden 2018. Keempat wasit tersebut adalah  Oki Dwi Saputra, Mustafa Umarella, Thoriq Alkatiri, Yudi Nur Cahyo.

Sementara ada empat asisten wasit yang sama-sama mengantongi lisensi FIFA. Keempat asisten wasit tersebut adalah Benny Andriko, Bangbang Syamsidar, Dinan Lianzuardi, dan Nur Hadi.

Penunjukkan perangkat pertandingan berlisensi FIFA tersebut disambut hangat oleh Rahmat Darmawan, head coach Sriwijaya FC. Menurutnya itu putusan yang bagus untuk mengangkat kualitas pertandingan pada dua laga pamungkas.

© INDOSPORT
Piala Presiden 2018. Copyright: INDOSPORTPiala Presiden 2018.

“Kami berharap semoga mereka bisa bertugas dengan kualitas dan standar FIFA. Saya percaya ini akan membuat turnamen akan lebih berbobot dan bisa menghibur bagi penonton,” kata Rahmad, usai menghadiri press conference jelang laga final.

Berlinton Siahaan, Ketua OC menyebut pihaknya jauh hari telah menyiapkan beragam pendukung agar turnamen berlangsung lebih semarak dan berkualitas. Termasuk menentukan wasit yang akan memimpin pertandingan pamungkas.

“Aspek fair play, prestasi, dan transparan harus bisa ditunjukkan pada semua aspek. Begitu pula dengan pemilihan perangkat pertandingan. Kami selalu berusaha maksimal,” jelas Berlinton.

Sekedar informasi, laga perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2018 Sriwijaya FC versus PSMS Medan mulai pukul 15.30 WIB dan pertandingan selanjutnya final Bali United kontra Persija Jakarta pada pukul 19.30 WIB. Dua pertandingan itu akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

788