Liga Indonesia

Selain Bima Sakti, Mantan Pemain Persija Jakarta Ini Juga Jadi Pelatih Baru Timnas U-19

Senin, 19 Februari 2018 05:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Abdurrahman Ranala
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
M. Iqbal, saat berlatih bersama Timnas U-19 Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
M. Iqbal, saat berlatih bersama Timnas U-19

Timnas Indonesia U-19 mulai hari ini, Minggu (18/02/18) secara resmi dilatih oleh pelatih baru, Bima Sakti. Hal itu menyusul keputusan PSSI untuk memberhentikan Indra Sajfri beberapa waktu lalu.

Namun, nyatanya tidak hanya Bima Sakti yang menjadi wajah baru di skuat pelatih Timnas U-19. Salah satu mantan pemain Persija Jakarta, Mukti Ali Raja juga terlihat hadir di Lapangan ABC Senayan, Jakarta pada latihan sore tadi. Rupanya ia ditunjuk dan diberikan tugas menjadi pelatih untuk posisi penjaga gawang.

Bima Sakti mengatakan ia ingin menciptakan suasana baru di Timnas U-19, sekaligus memberikan kesempatan bagi pelatih muda untuk berkarya di sepakbola nasional khususnya di ranah Timnas Indonesia. Mukti Ali Raja diharapkan bisa menularkan semangat dan pengalamannya bagi pemain muda karena di masa jayanya ia sempat berkostum Skuat Garuda.

"Kita ingin ada pelatih muda, kemudian suatu saat misalnya ada halangan dari kiper yang ada misalnya cedera atau apa dia bisa bantu. Apalagi dia sudah lisensi juga dan mantan pemain timnas juga," urai Bima Sakti mengenai kehadiran Mukti Ali Raja.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Luis Milla (kiri) memberikan arahan kepada para pemainnya dari atas atap tribun Lapangan ABC. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih Luis Milla (kiri) memberikan arahan kepada para pemainnya dari atas atap tribun Lapangan ABC. 

Sementara itu, Mukti mengaku dihubungi langsung oleh Bima Sakti untuk bergabung di staf pealtih Timnas U-19. Baginya kesempatan kali ini adalah hal berharga yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, sehingga ia sangat bangga bisa mendapatkan kepercayaan tersebut. 

Mantan kiper Timnas Indonesia ini pun merasa mendapatkan sebuah tantangan dalam mengemban tugasnya kali ini.

© Internet
Mukti Ali Raja Copyright: InternetMantan kiper Persija, Mukti Ali Raja.

"Yang jelas, ini tantangan berbeda dibandingkan dengan di klub. Bebannya luar biasa, tapi saya nilai secara pandangan pertama sangat bagus," tutup Mukti.

Tak hanya di posisi pelatih kiper, Timnas U-19 juga kedatangan pemain baru yakni Aji Kusuma dari Bali United U-19 dan Todd Rivaldo Albert Ferre yang musim lalu mengantarkan Persipura Jayapura juara Liga 1 U-19. Kedua pemain tersebut pun langsung mendapat perhatian Bima dan dinilai cukup baik dalam proses adaptasi bersama rekannya yang lain.