Liga Champions

Setelah 9 Tahun, Wasit Kontroversial di Laga Chelsea vs Barcelona Akui Dosanya

Senin, 19 Februari 2018 16:00 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© standard.co.uk
Henning Ovrebo ketika memimpin pertandingan leg kedua babak semifinal Liga Champions musim 2008/09 antara Chelsea melawan Barcelona. Copyright: © standard.co.uk
Henning Ovrebo ketika memimpin pertandingan leg kedua babak semifinal Liga Champions musim 2008/09 antara Chelsea melawan Barcelona.

Masih ingat dengan wasit kontroversial yang memimpin pertandingan Chelsea melawan Barcelona dalam laga semifinal Liga Champions 2009 Tom Henning Ovrebo?

Wasit yang banyak mendapatkan hujatan usai pertandingan oleh pendukung The Blues yang merasa timnya layak mendapatkan empat hadiah penalti itu akhirnya mengakui kesalahannya. Meski sudah berlalu selama delapan tahun, namun Ovrebo memilih baru mengakui kesalahannya baru-baru ini.

"Itu bukan hari terbaik saya, sungguh. Akan tetapi, kesalahan seperti itu bisa dilakukan oleh seorang wasit dan kadang pemain atau pelatih juga. Suatu waktu, Anda bisa berada pada level yang lebih rendah dari seharusnya. Saya tidak bisa bangga dengan performa itu," ujar Ovrebo seperit dilansir dari Marca.

Ovrebo yang kini sudah memutuskan untuk pensiun sebagai wasit ini juga mengakui bahwa dirinya selalu menyaksikan ulang lagi rekaman pertandingan tersebut untuk melihat kesalahan apa yang dibuatnya.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETOvrebo saat memimpin pertandingan Chelsea vs Barcelona

"Saya selalu melihat rekaman ulangnya beberapa kali dan belajar dari kesalahan yang saya buat. Tetapi pertandingan tersebut telah berlalu beberapa tahun lalu dan saya tidak membuat perkembangan apa-apa sejak saya berhenti menjadi wasit," tambahnya.

"Saya hanya ingat kejadian itu ketika ada jurnalis yang bertanya lagi. Saya tidak ingin banyak membicarakannya karena itu hanya merupakan bagian dari karier,"

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETMichael Ballack

Menuntut agar wasit memberikan tendangan penalti, Michael Ballack yang saat itu membela The Blues  bahkan sempat mengejar Ovrebo di lapangan dan juga Didier Drogba yang menyebut Ovrebo sebagai aib dalam wawancara pasca pertandingan, dirinya bersikap santai.

"Ya ada beberapa kesalahan dan setiap orang akan memiliki pandangan masing-masing atas itu. Jelas itu situasi bola mengenai tangan," beber Ovrebo.

"Saya memutuskan di lapangan dan tidak tertarik untuk tahu apa yang orang pikirkan tentang itu. Sekaipun saya mengerti jika ada orang yang berpikiran beda dengan apa yang saya buat. Diskusi tentang hal tersebut tidak akan usai," ungkap pria 51 tahun itu.

Dalam pertandingan pada 6 mei 2009 tersebut Chelsea harus puas berbagi angka dengan Barcelona setelah hanya mampu bermain dengan skor 1-1. Hasil tersebut membuat The Blues gagal melaju ke final Liga Champions 2009.

14