Liga Indonesia

Menengok Kemewahan Stadion Batakan, Tuan Rumah Piala Gubernur Kaltim

Sabtu, 24 Februari 2018 11:56 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT/Getty Images
Stadion Batakan dan Emirates. Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
Stadion Batakan dan Emirates.

Persiba Balikpapan akan menjamu Sriwijaya FC di stadion kebanggaan mereka, Stadion Batakan, pada Sabtu (24/02/18) pukul 15.30 WIB. Laga ini merupakan laga yang cukup bergengsi untuk Persiba Balikpapan, pasalnya, mereka merupakan klub tuan rumah Kalimantan Timur.

Berharap tampil maksimal di hadapan pendukungnya sendiri, Persiba Balikpapan tentu memiliki motivasi besar meski harus menghadapi Sriwijaya yang punya skuat bertabur bintang. Jika mampu mencatat hasil maksimal saat menghadapi Sriwijaya FC nanti, Persiba sudah seharusnya berterima kasih kepada tuah yang dimiliki Stadion Batakan.

Kemewahan dan kemegahan yang dimiliki Stadion Batakan memiliki tuah tersendiri untuk Persiba Balikpapan di beberapa laga penting. Apalagi, stadion sebesar Stadion Batakan mampu menampung sebanyak 42 ribu penonton yang akan dapat memompa semangat para pemain Persiba.

© twitter.com/AIS_BPN
Stadion Batakan. Copyright: twitter.com/AIS_BPNStadion Batakan.

Saking megahnya, banyak yang membanding-bandingkan stadion kebanggaan warga Balikpapan itu dengan stadion milik Arsenal, Stadion Emirates di London, Inggris. Selain besar dan megah, ternyata fasilitas pendukung yang ada di Stadion Batakan merupakan standar FIFA.

© Internet
Stadion Batakan Copyright: InternetStadion Batakan

Seperti ruang konferensi pers dan dua gedung olahraga (GOR) untuk voli dan bulutangkis yang juga sesuai master plan FIFA. Kemiripan stadion ini dengan stadion-stadion di Eropa semakin terlihat jelas karena tidak memiliki trek lari, inovasi ini membuat Batakan menjadi salah satu stadion sepakbola modern di Indonesia.

Markas Persiba Balikpapan di sepanjang Liga 1 musim lalu ini total menghabiskan sebanyak 102.01 juta dolar US atau setara dengan Rp1,38 triliun. Meski sempat terkendala karena anggaran, akhirnya pemerintah Kota Balikpapan dan DPRD mengeluarkan uang sebanyak Rp10 miliar untuk penyelesaian Stadion Batakan.

© Indosport/Teddy Rumengan
Pembangunan Stadion Batakan tertunda karena kendala anggaran. Copyright: Indosport/Teddy RumenganPembangunan Stadion Batakan sempat tertunda karena kendala anggaran.

Setelah penyelesaian dilakukan, Stadion Batakan pun menjadi salah satu pusat perhatian para penggila bola di Indonesia. Kemewahan dan kemegahan yang dimiliki Stadion Batakan akan dapat kembali disaksikan oleh sejuta pasang mata di Indonesia saat Persiba menjamu Sriwijaya FC di laga perdana Grup B Piala Gubernur Kaltim, hari ini, pukul 15.30 WIB nanti.

600