Liga Italia

Lolos ke Final Coppa Italia, Ini Catatan Fantastis AC Milan

Kamis, 1 Maret 2018 14:02 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Gerry Crisandy
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Gennaro Gattuso, pelatih AC Milan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Gennaro Gattuso, pelatih AC Milan.

AC Milan berhasil melaju ke babak final Coppa Italia musim 2017/18 ini setelah menyingkirkan Lazio lewat drama adu penalti. Tim berjuluk Rossoneri tersebut mampu mengungguli tim tuan rumah dengan skor 5-4 di babak ini.

Milan sendiri sempat gagal di dua percobaan pertamanya, di mana Ricardo Rodriguez dan Riccardo Montolivo tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Beruntungnya, lima penembak Milan berikutnya mampu memasukkan bola ke gawang Lazio yang dikawal Thoma Strakosha.

Dengan hasil tersebut, Milan pun akan menghadapi Juventus di partai puncak Coppa Italia. Juara bertahan Serie A tersebut lebih dulu memastikan tempat di babak final setelah berhasil mengalahkan Atalanta di waktu normal.

Leonardo Bonucci dan kawan-kawan pun berpotensi meraih trofi Coppa Italia, yang sudah lebih dari satu dekade tak pernah diboyong ke San Siro. Terkahir kali, Milan memenangi kompetisi ini pada musim 2002/03 silam.

Keberhasian lolos ke final ini pun diwarnai catatan impresif pelatih Gennaro Gattuso. Pasalnya, berkat tangan dingin Gattuso, Milan sedikit demi sedikit mampu bangkit dari keterpurukannya dalam beberapa pekan terakhir.

© Twitter @acmilan
Situasi laga Lazio vs AC Milan. Copyright: Twitter @acmilanSituasi laga Lazio vs AC Milan.

Kini, Gattuso membuat lini pertahanan Rossoneri semakin disiplin di setiap pertandingannya. Hal itu terbukti ketika Milan berhasil menjaga gawangnya tetap steril dalam enam laga beruntun di semua kompetisi.

Tak hanya itu, klub yang identik dengan warna merha dan hitam ini juga belum terkalahkan pada tahun 2018 ini. Jika dihitung, Milan saat ini tak pernah menelan kekalahan dalam 13 pertandingan berturut-turut.

© Twitter @acmilan.
Laga babak pertama antara Lazio vs AC Milan berakhir imbang 0-0. Copyright: Twitter @acmilan.Laga babak pertama antara Lazio vs AC Milan berakhir imbang 0-0.

Torehan ini pun jarang sekali terlihat di kubu Milan dalam beberapa tahun terkahir. Namun setelah Gattuso duduk di kursi kepelatihan Milan, situasinya berbanding terbalik. Dirinya bisa membuat Milan kembali ditakuti di Serie A.