Bola Internasional

Deretan Pelatih yang Bisa Menjuarai Lebih dari 3 Liga Berbeda

Sabtu, 3 Maret 2018 14:05 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Copyright: © INDOSPORT
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

Sepakbola merupakan olahraga yang tidak bisa dimainkan oleh satu orang melainkan berkelompok. Setiap komponen di dalamnya memiliki peranan masing-masing yang sangat vital. Oleh karena itu, jika ada satu bagian yang tidak berjalan sempurna, permainan tim juga akan menurun. Hal yang sama berlaku terhadap pelatih. Walaupun perannya tidak terlalu terlihat, pelatih adalah sosok sentral dalam keberhasilan tim.

© Twitter @OptaJoe
Arsene Wenger hanya bisa tertunduk lesu setelah Arsenal kembali dibantai 0-3 oleh Manchester City. Copyright: Twitter @OptaJoeArsene Wenger hanya bisa tertunduk lesu setelah Arsenal kembali dibantai 0-3 oleh Manchester City.

Saat ini, nama Arsene Wenger tengah menjadi sorotan lantaran gagal mengembalikan kedigdayaan Arsenal seperti di awal tahun 2000-an. Berbanding terbalik dengan The Professor, Pep Guardiola malah bisa tersenyum lebar. Klubnya, Manchester City tengah berada di ambang juara. Perbedaan poin yang sangat signifikan dengan posisi kedua, yakni Manchester United, membuat gelar juara Liga Primer Inggris bisa didapatkan lebih awal.

Apabila Pep berhasil menjadi jawara di Inggris, pelatih berkebangsaan Spanyol itu berhasil menjuarai tiga kompetisi berbeda, sebelumnya berada di Spanyol (Barcelona) dan Jerman (Bayern Munchen). Namun, masih ada beberapa pelatih yang memperoleh gelar lebih banyak darinya. Siapa saja mereka? INDOSPORT akan membahasnya di bawah ini.