Bola Internasional

Wow! Skuat Persija Jakarta Hampir Jadi yang Termahal di Piala AFC 2018

Minggu, 4 Maret 2018 12:55 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Persija Jakarta yang berhadapan dengan Tampines Rovers. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Persija Jakarta yang berhadapan dengan Tampines Rovers.

Persija Jakarta akan segera melakoni laga ketiga mereka di babak Grup H Piala AFC 2018 menghadapi Song Lam Nghe An, Selasa (06/03/18) mendatang. Calon lawan Persija itu merupakan pemuncak klasemen sementara Grup H usai menundukkan Johor Darul Takzim (JDT) di laga kedua.

Meski lawannya nanti baru saja menang atas klub besar Malaysia, Persija juga memiliki modal penting usai mengalahkan wakil Singapura, Tampines Rovers dengan skor 4-1 di laga kedua. Jelang pertemuan Persija dan Song Lam FC, ternyata ada fakta menarik yang harus Anda ketahui.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic akan merayakan gol bersama rekan satu timnya. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarko Simic akan merayakan gol bersama rekan satu timnya. Herry Ibrahim

Fakta menarik tersebut adalah tentang nilai pasar sebuah klub yang berlaga di Piala AFC 2018. Fakta yang cukup menarik dimiliki oleh Persija Jakarta terkait total nilai skuatnya saat ini.

Dikulik dari Transfermarkt.com, Macan Kemayoran memiliki total nilai pasar skuat dengan harga sebesar 3,42 juta poundsterling atau sekitar Rp63,9 miliar. Dengan total nilai pasar tersebut, skuat Persija pun berada di urutan kedua sebagai skuat termahal, hanya kalah dari JDT yang memiliki total nilai pasar sebesar 4,91 juta poundsterling atau sekitar Rp91,75 miliar.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marko Simic bangga bisa membawa kemenangan perdana bagi Persija Jakarta di Piala AFC 2018. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarko Simic bangga bisa membawa kemenangan perdana bagi Persija Jakarta di Piala AFC 2018.

Yang lebih menariknya, nilai pasar terbesar bukan dimiliki oleh striker subur mereka, Marko Simic, yang seharga 180 ribu poundsterling (Rp3,36 miliar). Pemain yang memiliki nilai pasar termahal di skuat Persija adalah Jaimerson Xavier sebesar 630 ribu poundsterling (Rp11,7 miliar).

Namun harga-harga yang disebutkan di atas bukanlah harga patokan seorang pemain. Angka-angka di atas ditentukan dengan berbagai faktor, seperti status sang pemain di dalam tim, usia, ikonik atau tidak seorang pemain pada klub tersebut dan juga penampilan sang pemain di atas lapangan.

No Nama Klub Nilai Pasar Skuat (Poundsterling) Nilai Pasar Skuat (Rupiah)
1 Johor Darul Takzim (Malaysia) 4,91 juta poundsterling Rp91,75 miliar
2 Persija Jakarta 3,42 juta poundsterling Rp63,90 miliar
3 Bengaluru FC (India) 3,20 juta poundsterling Rp59,80 miliar
4 Al-Faisaly Amman (Jordania) 2,70 juta poundsterling Rp50,45 miliar
5 Bali United 2,66 juta poundsterling Rp49,70 miliar