Bola Internasional

Rekan Setim Andri Syahputra Resmi Mundur dari Timnas Belanda

  • Wesley Sneijder kini memperkuat klub asal Qatar Al-Gharafa.
  • Dirinya terakhir memperkuat Belanda pada Juni 2017 lalu.
  • Dengan usia yang tidak muda, namanya memang sudah tidak pernah menjadi pilihan utama pelatih Belanda saat ini Ronald Koeman.
Senin, 5 Maret 2018 06:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INTERNET
Wesley Sneijder Copyright: © INTERNET
Wesley Sneijder

Pemain bintang asal Belanda, Wesley Sneijder yang kini bermain di Liga Qatar bersama Al-Gharafa, baru-baru ini membuat pengumuman pensiun dari dari karier internasional bersama timnas. Eks Inter Milan yang saat ini satu tim dengan Andri Syahputra di Al-Gharafa, memang sudah jarang dipanggil Timnas senior Belanda belakangan ini.

Sneijder sebenarnya sudah tidak menjadi pilihan pelatih Der Oranje, Ronald Koeman saat ini, dia terakhir bermain untuk negaranya pada 9 Juni 2017 ketika menghadapi Luxembourg, pertandingan yang juga memastikan Belanda gagal melaju ke Piala Dunia Rusia 2018.

Keputusan pensiun yang diambilnya juga tidak lepas dari kenyataan tersebut, terlebih ketika dirinya memutuskan melanjutkan karier di Qatar. Pemain yang menjadi bagian Belanda ketika menjadi runner-up Piala Dunia 2010 ini sadar betul bahwa peluangnya untuk kembali menggunakan seragam orange kebanggaan Belanda semakin kecil.

© Internet
Gelandang Belanda Wesley Sneijder (kedua dari kiri) saat merayakan kemenangan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol pada pertandingan kualifikasi piala dunia 2018 antara Swedia vs Belanda di Solna, Selasa (06/09/16). Copyright: InternetGelandang Belanda Wesley Sneijder

"Ketika saya pergi ke Qatar, Saya tahu pasti itu akan berpengaruh terhadap karier saya di timnas. Lebih dari itu, Saya mengerti Koeman ingin memulai langkah baru dengan pemain yang lebih muda. Kami telah berbicara terbuka mengenai ini dan itu perbincangan yang sangat santai. Saya menghormati pilihannya," jelas pria 33 tahun tersebut.

Dengan keputusannya pensiun sekarang, berarti mantan pemain Real Madrid ini sudah menjalani karier internasional sepanjang 15 tahun sejak debut pertamanya pada 2003 dalam laga persahabatan menghadapi Portugal. Selama itu, dia mencatatkan 133 caps dengan sumbangan 33 gol.