Bola Internasional

Gara-gara Penonton Nakal, Stadion di Rusia Nyaris Kebakaran

Selasa, 6 Maret 2018 06:15 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© The Sun
Kursi penonton terbakar di laga Lokomotiv Moscow vs Spartak Moscow. Copyright: © The Sun
Kursi penonton terbakar di laga Lokomotiv Moscow vs Spartak Moscow.

Dalam pertandingan sepakbola, para penonton biasanya diinstruksikan agar tidak membawa benda-benda tajam atau yang bisa menimbulkan api. Namun, hingga kini masih saja ada penonton yang tetap nekat membawa barang-barang tersebut.

Padahal dilarangnya benda-benda itu dibawa ke dalam stadion demi menjaga keamanan dan kenyamanan selama pertandingan. Bila nekat, bisa-bisa laga menjadi tidak bisa dinikmati, atau bahkan lebih parahnya bisa menimbulkan kejadian yang mengancam nyawa.

Contohnya seperti yang terjadi dalam lanjutan pekan ke 21 Liga Primer Rusia antara dua tim ibu kota, yakni Lokomotiv Moscow yang menjamu Spartak Moscow pada 4 Maret 2018 lalu.

Dilansir dari The Sun, ketika laga berlangsung, suasana salah satu tribun stadion RZD Arena, yang menjadi lokasi pertandingan mendadak ricuh. Penyebabnya karena adanya kobaran api yang berasal dari salah satu kursi penonton.

Kobaran itu pun sempat membuat penonton berlarian untuk menyelamatkan diri. Beruntung petugas stadion langsung bergerak cepat dan setelah beberapa menit api bisa dipadamkan.

Juru bicara stadion dalam keterangan resminya menyatakan bahwa kebaran tersebut dipicu api yang berasal dari flare yang dibawa penonton.

"Salah satu penonton nekat menyalakan flare dan api langsung menyebar membakar bangku stadion. Petugas pemadam berhasil menjinakan kobaran api sebelum menyebar luas."

"Demi hal ini, pihak kepolisian telah menahan 15 orang yang terlibat dalam kejadian tersebut dan juga akan memeriksa rekaman CCTV yang dipasang di stadion," bunyi keterangan resmi tersebut.

Tindakan penonton ini pun seolah mencoreng kembali pihak keamanan stadion di Rusia. Pasalnya, belum ada sebulan lalu, terjadi kerusuhan antara fans Spartak Moscow dengan fans Athletic Bilbao di ajang Liga Europa 2017/18. Dalam kerusuhan itu sendiri satu polisi dilaporkan meninggal dunia.

78