Liga Indonesia

Bak Bumi dan Langit, Ini Perbedaan Nasib 3 Pemain yang Menolak Timnas Indonesia

Kamis, 8 Maret 2018 21:36 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Emil Audero Mulyadi dan Andri Syahputra. Copyright: © INDOSPORT
Emil Audero Mulyadi dan Andri Syahputra.

Memperkuat Timnas Indonesia mungkin bagi sebagian pesepakbola Tanah Air merupakan impian dan kebanggan tersendiri. Namun pada kenyataannya ada sebagian yang memilih untuk tak memenuhi panggilan Timnas Indonesia.

Berbagai penyebab melatari mereka hingga akhirnya memilih untuk tidak memperkuat Timnas Indonesia meski panggilan Negara sudah dating. Memilih tetap berkarier di luar negeri hingga jaminan lebih yang mereka rasakan di luar ketimbang di Indonesia menjadi salah satu alasan.

Semenjak usia diri meniti karier di luar negeri, para pemain yang memiliki darah Indonesia ini memang enggan saat tiiba-tiba diminta untuk memilih kewarganegaraan Indonesia dan akhirnya memutuskan untuk tetap berkarier di luar negeri.

© Instagram/@andri010
Andri Syahputra (kanan) berusaha merebut bola Copyright: Instagram/@andri010Andri Syahputra (kanan) berusaha merebut bola

Menolak panggilan Timnas Indonesia, para pemain ini tentu siap menerima kritikan dari banyak orang. Banyak yang mencaci namun ada pula yang dapat memahami dan menerima alasan para pesepakbola keturunan Indonesia yang memutuskan untuk tak memenuhi panggilan Negara tersebut.

Kini, mereka masih berkarier di luar negeri di laur Tanah Air, menjalani pilihan hidup yang sudah mereka tetapkan. Ada yang kariernya gemilang, namun ada pula yang akhirnya terjerembab usai memilih untuk meolak panggilan Timnas Indonesia.

Berikut INDOSPORT merangkum nasib tiga pemain keturunan Indonesia di luar negeri yang menolak Timnas Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
4%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
13%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
13%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
4%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
17%
IDS Emoticon Marah
Marah
21%