In-depth

Sering 'Anak Tirikan' Ezra Walian, Almere City Terbukti Merana

Selasa, 13 Maret 2018 16:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Ezra Walian, pemain Indonesia di Almere City. Copyright: © INDOSPORT
Ezra Walian, pemain Indonesia di Almere City.

Dalam ajang SEA Games di Malaysia pada 2017 lalu, Timnas Indonesia U-23 harus puas hanya bisa membawa pulang medali perunggu saja. Medali emas tidak bisa skuat Garuda Pulang rebut usai kalah tipis 0-1 dari tuan rumah, Malaysia di babak semifinal.

Meski gagal meraih prestasi terbaik, sepulangnya dari Malaysia, salah satu pemain Timnas U-23, Ezra Walian mendadak jadi sorotan. Bagaimana tidak, pemain naturalisasi tersebut mendapat kontrak dari klub asal Belanda.

Ya, tepat pada 29 Agustus 2017, Almere City FC mengumumkan bahwa Ezra telah menandatangani kontrak berdurasi dua tahun, yang berarti pemain kelahiran 22 Oktober 1997 itu akan menjadi bagian Almere hingga 2019 mendatang.

© Almere City FC
Ezra Walian saat menandatangani kontrak bersama Almere City FC. Copyright: Almere City FCEzra Walian saat menandatangani kontrak bersama Almere City FC.

Keputusan Ezra yang bergabung dengan Almere tersebut pun bisa disebut sangat menguntungkannya. Pasalnya, ia tidak perlu waktu untuk beradaptasi lagi, lantaran sebelumnya ia sudah bermain di klub Belanda, Jong Ajax.

Selain terpiasa dengan kondisi alam Belanda, Ezra sendiri sudah familiar dengan kompetisi Eerste Divisie, kasta kedua sepakbola Negeri Kincir Angin, yang notabene liga yang juga diikuti Ajax ketika masih ada Ezra.

Pada beberapa pekan awal Eerste Divisie musim 2017/18 Ezra pun rutin menjadi andalan sang pelatih, Jack de Gier. Arsitek permainan kelahiran 6 Agustus 1968 itu bahkan tak pernah ragu memainkan Ezra sejak babak pertama.

Akan tetapi, sejak awal Februari 2018, sosok Ezra seolah menghilang ditelah bumi. Putra pasangan Glenn Walian dan Linda Bosch itu hanya bisa melihat rekan-rekannya dari bangku cadangan.