Bola Internasional

Akhir Juli, Jepang Akan Bebas Tugaskan Pelatih Akira Nishino

Kamis, 5 Juli 2018 16:16 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Akira Nishino (kiri), pelatih Timnas Jepang dalam konferensi pers pra laga Jepang vs Kolombia di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Akira Nishino (kiri), pelatih Timnas Jepang dalam konferensi pers pra laga Jepang vs Kolombia di Piala Dunia 2018.

Meskipun berhasil memimpin timnya ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, Akira Nishino tidak akan lagi menjadi pelatih Timnas Jepang pada akhir bulan ini.

Hal ini dikemukakan oleh Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA) dalam konfrensi pers setelah Timnas Jepang tiba di negaranya.

"Kami tidak akan membujuk Nishino untuk tetap bekerja karena masa jabatannya akan berakhir," ungkap Presiden JFA, Kozo Teshima seperti dikutip dari Sky Sports.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Nishino, yang kini berumur 63 tahun baru mengambil alih posisi pelatih di Timnas hanya dua bulan sebelum Piala Dunia 2018 di Rusia dimulai menyusul pemecatan Vahid Halilhodzic.

Melebihi harapan, Nishino berhasil membawa Jepang ke babak 16 besar untuk pertamakalinya sejak tahun 2010.

Empat tahun setelah Piala Dunia yang mengecewakan di Brasil, Jepang datang ke Rusia sebagai salah satu tim dengan peringkat rendah. Hanya sedikit yang mengharapkan Samurai Biru bisa lolos dari babak penyisihan grup.

© INDOSPORT
Jepang menundukkan kepala di hadapan para pendukungnya setelah tersingkir dari Piala Dunia 2018. Copyright: INDOSPORTJepang menundukkan kepala di hadapan para pendukungnya setelah tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Namun menyusul kemenangan 2-1 atas Kolombia dan hasil imbang 2-2 dari Senegal, Jepang memastikan diri lolos dari babak penyisihan grup meski kalah 1-0 dari Polandia.

Dengan sedikit waktu yang dimilikinya, Nishino berhasil mengeluarkan  kemampuan terbaik skuat Jepang.

Sebelumnya, dibawah asuhan Halilhodzic Jepang mencatatkan serangkaian hasil buruk dalam pertandingan persahabatan. Karena itu, JFA memecat pelatih asal Bosnia ini karena ada masalah komunikasi antara dia dan beberapa pemain.

Berikut Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018 Babak 8 Besar:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA