Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Laman Facebook FIFA Diserbu Fans Ukraina

Rabu, 11 Juli 2018 02:21 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Masalah teriakan ”Jaya untuk Ukraina” di video yang melibatkan bek Kroasia Domagoj Vida dan asisten pelatih Ognjen Vukojevic ternyata berbuntut panjang. Paska FIFA memberi peringatan kepada keduanya (dan denda untuk sang asisten yang berbuntut pemecatan dari Tim Nasional), laman Facebook FIFA mendadak diserbu fans Ukraina yang marah kepada keputusan badan sepakbola tertinggi tersebut.

Hingga Selasa sore, sudah ada 158,000 postingan dengan ucapan serupa seperti ”Jaya untuk Ukraina", ”Jaya untuk Kroasia” dan “FIFA memalukan". Demikian menurut laporan ESPN.

Beberapa mengatakan bahwa mendukung Rusia berarti mendukung penjajahan. Seperti kita ketahui, Rusia mengambil alih Crimea dari Ukraina pada 2014, yang membuat hubungan keduanya memburuk.

Kemudian, salah seorang pengguna Facebook mempertanyakan mengapa seorang pemain tak bisa menyuarakan pendapatnya terhadap apa yang terjadi di dunia ini.

“Jawab pertanyaan saya: Mengapa seorang pemain tak bisa mengungkapkan pendapatnya terhadap peristiwa di dunia ini,” ujar Oleg Nazarov, salah satu pengguna media sosial tersebut.

FIFA sendiri belum berkomentar mengenai ”serangan” tersebut.

Setelah Kroasia mengalahkan tuan rumah Rusia di delapan besar, Vida dan Ognjevic mengatakan ”Jaya untuk Ukraina” dalam sebuah video yang akhirnya viral. Keduanya pernah bermain untuk klub yang sama di Liga Ukraina, Dynamo Kiev.

Dalam aturan FIFA, seorang pemain dilarang melakukan selebrasi yang memuat unsur politis. Baik lewat ucapan maupun lewat simbol atau gambar.

Berikut Jadwal Babak Semifinal Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA