Bola Internasional

8 Sosok yang Pernah Kawinkan Juara Liga Champion dan Piala Dunia

Kamis, 12 Juli 2018 17:25 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Trofi Liga Champions dan Piala Dunia. Copyright: © INDOSPORT
Trofi Liga Champions dan Piala Dunia.

Prancis dan Kroasia akan bertemu di partai puncak Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/07/18).

Bagi Prancis ini kesempatan meraih gelar juara dunia kedua kali setelah 20 tahun lalu di rumah sendiri. Dan bagi Kroasia, masuk ke final sudah merupakan sejarah bagi negeri pecahan Yugoslavia ini. Tentu mereka ingin lebih dari itu.

Pertemuan final ini menarik karena mempertemukan rekan seklub yang kemungkinan akan mengawinkan gelar Liga Champions Eropa 2017/18 dengan gelar juara dunia.

TONTON VIDEO DOKTER SPORT: RESEP JITU ORANG INDONESIA MAIN DI LIGA PRIMER INGGRIS

Mereka adalah Luka Modric di kubu Kroasia dan Raphael Varane yang mewakili Prancis. Keduanya adalah rekan seklub di Real Madrid, yang baru meraih gelar Liga Champions Eropa ke-13 musim ini dengan mengalahkan Liverpool.

Sebelumnya, siapa saja para pemain yang sudah mendapat dua gelar bergengsi ini? Untuk gelar juara dunia dan Liga Champions Eropa, sudah ada delapan orang yang meraihnya. Siapa saja? Berikut data dari UEFA.

1974: Sepp Maier, Paul Breitner, Hans-Georg Schwarzenbeck, Franz Beckenbauer, Gerd Müller, Uli Hoeness (Bayern & Jerman Barat)
1998: Christian Karembeu (Real Madrid & Prancis)
2002: Roberto Carlos (Real Madrid & Brasil)

© Indosport.com
Roberto Carlos Copyright: Indosport.comRoberto Carlos pada 2002 silam pernah memenangkan Liga Champions dan Piala Dunia sekaligus.

Untuk bisa menjadi pemain yang layak mengawinkan gelar juara dunia dan juara Liga Champions Eropa, tentu harus pemain itu harus tampil di kedua final.

Di sini rekan Modric, Mateo Kovacevic, tidak termasuk. Karena pemain yang dikabarkan akan hengkang dari Madrid ini adalah pemain cadangan yang tak dimainkan saat final di Kiev,Ukraina sekitar hampir dua bulan lalu.

Empat tahun lalu, Sami Khedira nyaris saja menyamai prestasi para legenda tersebut. Bersama Real Madrid memang dia mengantarkan Los Blancos meraih gelar Liga Champions Eropa 2013/14 (mengalahkan saingan sekota Atletico Madrid).

Tetapi Khedira yang saat ini bermain untuk Juventus tidak main di final Piala Dunia 2014 saat Jerman menang atas Argentina di Brasil akibat cidera.

Berikut ini adalah nama-nama yang mengawinkan gelar Piala Eropa dan Liga Champions.

1964: Luis Suárez (Inter Milan dan Spanyol)
1988: Hans van Breukelen, Ronald Koeman, Berry van Aerle, Gerald Vanenburg (PSV Eindhoven & Belanda)
2012: Fernando Torres, Juan Mata (Chelsea & Spanyol)
2016: Cristiano Ronaldo, Pepe (Real Madrid & Portugal)

© INDOSPORT
Penyerang timnas Spanyol, Fernando Torres. Copyright: INDOSPORTPenyerang asal Spanyol, Fernando Torres.

Hampir sama dengan Khedira, Wim Kieft turut serta saat PSV Eindhoven meraih gelar Liga Champions Eropa tetapi harus jadi cadangan saat Belanda juara Eropa tahun 1988.

Baik Modric dan Varane, keduanya tampil di final Liga Champions musim 2017/18 lalu. Dan mereka akan bersua membela negara masing-masing Minggu (15/07/18) mendatang. Siapa yang akan menyamai prestasi para legenda tadi?

Berikut Dua Tim yang Berhasil Masuk ke Babak Final Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%