Liga Inggris

Jor-joran di Bursa Transfer, Klopp Akui Liverpool Dalam Tekanan

Rabu, 25 Juli 2018 17:30 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Copyright: © Getty Images
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool.

INDOSPORT.COM – Borosnya Liverpool di bursa transfer musim ini menimbulkan tekanan tersendiri bagi sang pelatih Jurgen Klopp. Para fans jelas berharap ada trofi musim ini.

The Reds akan berada dalam tekanan hebat musim ini untuk meraih trofi. Wajar saja mengingat aktivitas transfer musim ini yang terbilang fantastis.

Musim panas ini, The Reds sudah menggelontorkan dana sekitar 175 juta poundsterling atau Rp1,3 triliun untuk beli pemain sepak bola ternama dari berbagai negara. Mereka yang musim ini akan merumput di Anfield adalah Xherdan Shaqiri, Fabinho, Naby Keita, dan terakhir kiper Alisson Becker.

Di tengah kemajuan permainan yang ditorehkan Klopp saat menukangi Liverpool sejak 2015, sayangnya Liverpool belum meraih satu trofi pun.

Klopp mengantarkan Liverpool ke final tiga kali. Final Piala Liga dan Liga Europa pada 2016 dan Liga Champions musim lalu dan di ketiganya the Reds harus puas jadi peringkat kedua.

“Saya paham mengenai ekspektasi tersebut dan itu wajar. Yang pertama jelas kita harus bermain di kompetisi di mana kita punya peluang untuk menang. Kita tak bisa bicara soal memenangkan sesuatu sebelum musim ini dimulai,“ ujar mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut sebagaimana dilansir The Straits Times.

Dengan keborosan Klopp musim ini jelas fans berharap Liverpool bisa meraih trofi. Terakhir mereka meraih gelar Liga Primer Inggris (waktu masih bernama Divisi Satu) adalah 1989/90 dan trofi domestic di luar Liga Primer adalah Piala Liga 2011/12.

Klopp sendiri berharap para rekrutan barunya bisa segera menyesuaikan diri dengan rekan-rekan setim dan gaya bermain Liverpool.

“Bukan masalah harus konsisten. Namun, kami perlu menciptakan situasi dimana tim bisa bermain konsisten. Tidak ada yang konsisten dengan 11 pemain. Yang kita fokuskan adalah kedalaman skuat karena Anda butuh itu, “ ujar pria 51 tahun ini.

Sekalipun Liverpool kalah di final Liga Champions Eropa musim lalu, nama Klopp masuk dalam nominasi salah satu pelatih terbaik FIFA. Begitu juga dengan striker The Reds Mohamed Salah, yang menjadi pencetak gol terbanyak musim lalu dengan 32 gol.

Saat ini, Liverpool tengah menjalani turnamen pramusim di Amerika Serikat (AS). Mereka akan berhadapan dengan sesama klub Liga Primer Inggris Manchester City, Rabu (25/07/18) di New Jersey.