Bola Internasional

CEO Bayern Ingin Bundesliga Hapuskan Kepemilikan Klub 50+1

Senin, 30 Juli 2018 20:32 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Selebrasi pemain Bayern Munchen usai cetak gol. Copyright: © Getty Images
Selebrasi pemain Bayern Munchen usai cetak gol.

INDOSPORT.COM – Sepakbola tanpa fans tak ada artinya, begitu prinsip sepakbola Jerman. Klub adalah milik fans dan anggota.

CEO Bayern Munchen Karl Heinz-Rummenigge mendesak agar aturan kepemilikan klub-klub Bundesliga atau dikenal sebagai 50+1 diubah agar bisa bersaing di pasar Eropa.

Sang legenda mengungkapkan ini di tengah aksi Die Rotten di turnamen pramusim di Miami, Amerika Serikat (AS), Minggu (29/07/18).

Aturan 50+1 adalah aturan bahwa mayoritas kepemilikan klub ada di tangan anggota, bukan investor. Para investor memang masuk, tetapi tidak berkuasa karena punya uang lebih.

Hal ini membedakan Bundesliga Jerman dengan liga-liga lain. Di Inggris ada para konglomerat atau segelintir orang yang membeli klub-klub sepakbola  seperti Sheikh Mansour (Manchester City), Qatar Sports Investment (Paris Saint-Germain), dan Roman Abramovich (Chelsea)

Menurut pria 62 tahun yang pernah menjadi pemain di era 1980-an ini, Bundesliga harus terbuka pada pasar atau tidak mampu bersaing dengan liga-liga lain.

“Semua orang khawatir bahwa kita tidak bisa bersaing jika kita membuka diri pada pasar. Padahal yang sebaliknya yang benar, Jerman akan untung dari keterbukaan itu,” ujarnya sebagaimana dilansir DW.

Walau begitu, ada sedikit pengecualian bagi Wolfsburg dan Bayern Leverkusen. Ini karena citra keduanya sudah melekat dengan perusahaan raksasa Jerman: Volkswagen dan Bayern.

Upaya mengubah aturan ini sempat tercuat pada 2009. Saat itu, presiden Hannover 96 Martin Kind mendesak diubahnya aturan 50+1.

Tetapi, upaya ini tidak membuahkan hasil setelah 32 dari 36 klub Bundesliga dan Bundesliga II menentang. Plus para suporter menandatangani petisi mempertahankan aturan “pro rakyat” ini.

4 Pesepakbola Ini Terpincut dengan Wanita yang Lebih Tua

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT

1