Liga Indonesia

Yeyen Tumena: Indonesia Butuh Primavera Lagi!

Rabu, 8 Agustus 2018 21:36 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INTERNET
Legenda Timnas Indonesia, Yeyen Tumena. Copyright: © INTERNET
Legenda Timnas Indonesia, Yeyen Tumena.

INDOSPORT.COM - Yeyen Tumena memiliki solusi agar perkembangan sepak bola Indonesia bisa semakin baik di semua jenjang umur.

Bagi penggemar sepak bola Tanah Air sejak era 1990an, pasti mengetahui sebuah program atau tim yang bernama PSSI Primavera dan Baretti.

Pogram prestisius yang mengembangkan potensi Timnas U-19 (Primavera) dan Timnas U-16 (Baretti) itu berlangsung sejak tahun 1993 hingga 1996.

Saat itu, PSSI mengirimkan bakat-bakat mudanya untuk menjalani latihan dan ikut berpartisipasi di kompetisi resmi sebuah negara di benua biru, Eropa, yakni Italia.

Tentu kita masih ingat bagaimana PSSI Primavera dan Baretti saat itu sukses menghasilkan pemain-pemain yang berkualitas dan menjadi langganan Timnas Indonesia, seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Kurnia Sandy, Imran Nuhamury, Charis Yulianto, dan Yeyen Tumena.

Salah satu jebolan dari PSSI Primavera, Yeyen Tumena, tidak menampik bahwa saat ini program seperti Primavera dan Baretti perlu diadakan lagi untuk mengasah jam terbang para pemain muda.

"Perlu nggak perlu. Kalau sekarang sih kompetisi lokal sudah banyak yang mengakomodir kelompok umur ya. Seperti U-16 dan U-19. Selain itu di beberapa tim senior juga mulai berani menurunkan pemain muda."

"Tapi untuk Timnas kelompok umur, mereka perlu jam terbang internasional. Nah itu yang susah didapatkan karena susah nyari lawan tanding. Jadi menurut saya, cara yang tepat mereka harus ikut kompetisi luar."

"Jika itu dibutuhkan, kenapa tidak. Namun jika merasa kompetisi lokal sudah cukup memenuhi kebutuhan ya, sudah." tutup legenda Timnas Indonesia yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik Bhayangkara FC.

PSSI sebenarnya pernah juga membuat program hampir serupa dengan Primavera Baretti di tahun 2008, yakni Sociedad Anonima Deportiva (SAD) ke Uruguay.

Saat itu PSSI mengirimkan pemain berbakat di kelompok umur U-17 dan U-19. Meski tidak sehebat Primavera, namun dari SAD Uruguay itu mampu memunculkan nama-nama pemain berkualitas seperti Rizky Pellu, Manahati Lestusen, dan Hansamu Yama Pranata.

Penulis: Dimas Ramadhan.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Pantau Perkembanggan Olahraga dan Timnas Indonesia Hanya di INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%